Hingga Desember, Balik Nama Kendaraan di Jatim Gratis

Amaluddin    •    Sabtu, 03 Sep 2016 12:19 WIB
pajak kendaraan
Hingga Desember, Balik Nama Kendaraan di Jatim Gratis
Foto ilustrasi. (MI/Aan Meliana)

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Jawa Timur menggratiskan biaya denda pajak dan balik nama untuk semua jenis kendaraan bermotor di Jawa Timur. Program ini berlaku mulai 5 September hingga 3 Desember mendatang.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Jatim, Bobby Soemiarsono, mengatakan keringanan dan insentif pajak daerah ini untuk meringankan beban masyarakat. 

"Selain itu, untuk memberikan insentif bagi masyarakat yang akan mengurus Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) kepemilikan kedua dan seterusnya," kata Bobby, Sabtu (3/9/2016).

Menurut dia, pemberlakuan kebijakan pemutihan pajak ini berdasarkan Peraturan Gubernur Jatim Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pemberian Keringanan dan Pembebasan Pajak Daerah untuk Rakyat Jatim Tahun 2016.

Bobby mengatakan program ini bukan program tahunan. "Ini merupakan instruksi Gubernur Jatim Soekarwo setelah melihat kondisi di lapangan. Tahun depan program ini sudah tidak ada," kata dia.

Dengan pemutihan ini Pemprov Jatim dipastikan kehilangan potensi pendapatan sekitar Rp50 miliar hingga Desember nanti. "Memang ada pendapatan yang hilang, tapi nggak apa apa, yang penting masyarakat mendapatkan kenyamanan.


(UWA)