Bakal Dibangun Bendungan 87 Hektare Atasi Banjir Trenggalek

Amaluddin    •    Selasa, 08 Nov 2016 17:37 WIB
bendungan
Bakal Dibangun Bendungan 87 Hektare Atasi Banjir Trenggalek
Beberapa truk melaju melaju di area pembangunan Bendungan Tugu, Desa Nglinggis, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (20/10/2015). Foto: Antara/Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Jawa Timur butuh anggaran Rp619 miliar untuk membangun Bendungan Tugu seluas 87 hektare di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Ini dilakukan untuk mengatasi banjir yang biasa terjadi saat hujan turun.

"Anggaran akan dibantu pemerintah pusat," kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul), di Surabaya, Selasa (8/11/2016).

Dia mengatakan saat ini proses pembangunan bendungan baru di tahap pembebasan lahan. "Yang sudah dibebaskan 52 hektare. Sekarang masih sisa 30 hektare dan sedang dalam proses pembebasan," katanya.

Gus Ipul mengaku sudah berkoordinasi dengan Ditjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat terkait pembangunan Bendungan Tugu di Trenggalek. Menurutnya, pemerintah pusat sepakat mempercepat pembangunan bendungan itu. "Pembangunan bendungan ini ditargetkan selesai 2017," ujarnya.

Pada 2016 ada tiga kali banjir di Kabupaten Trenggalek. Yakni, pada Agustus, September, dan Oktober. Banjir bandang melanda puluhan desa dan 935 rumah terendam. Banjir terjadi karena luapan air sungai di Desa Tawing. Air meluber ke pemukiman warga dengan ketinggian mencapai 60 hingga 100 sentimeter.

BPBD Jatim juga telah mengeluarkan peringatan dini khusus ke warga Trenggalek. Sebab, BPBD memprediksi Kabupaten Trenggalek berpotensi terjadi banjir susulan. Peringatan dini itu menyusul cuaca di Jatim yang tak menentu.

 


(UWA)