Inflasi 0,02 Persen, Bupati Banyuwangi Sukses Kelola Kebutuhan Rakyat

Amaluddin    •    Jumat, 07 Oct 2016 18:48 WIB
inflasi
Inflasi 0,02 Persen, Bupati Banyuwangi Sukses Kelola Kebutuhan Rakyat
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat inflasi pada September 0,02 persen. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengklaim pencapaian itu mencerminkan pemerintahannya sukses mengelola penawaran dan permintaan barang untuk kebutuhan rakyat.

Di saat bersamaan, inflasi nasional yaitu 0,22 persen. Inflasi Banyuwangi pada September lebih rendah ketimbang Agustus yaitu 0,03 persen dan 0,43 persen pada Juli.

Anas optimistis berbekal inflasi yang rendah, perekonomian Banyuwangi dapat terus tumbuh. Sehingga Banyuwangi dapat menembus target pendapatan per kapita Rp40 juta per orang pada akhir 2016.

"Target itu lebih tinggi dari pada pendapatan per kapita di 2015 yaitu Rp37,53 juta per orang," ujar Anas dalam rilis yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (7/10/2016).

Salah satu alasan optimisme Anas yaitu penambahan jadwal penerbangan Bandara Blimbingsari Banyuwangi-Surabaya bertambah. Mulai Oktober, jadwal penerbangan menjadi empat kali untuk rute Banyuwang-Surabaya.

"Ini dapat mendongkrak bisnis dan pariwisata dan ekonomi lokal," lanjut Anas.

Sementara itu Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Banyuwangi Agus Siswanto mengatakan pencapaian inflasi itu menunjukkan daya beli masyarakat stabil. Itu menjadi poin penting bahwa perekonomian Banyuwangi dalam kondisi positif.


(RRN)