Industri Kecil Menengah Kulon Progo Dilatih Berdagang Daring

Riyan Ferdianto    •    Minggu, 02 Apr 2017 08:04 WIB
Industri Kecil Menengah Kulon Progo Dilatih Berdagang Daring
Perajin memproduksi kerajinan tas dengan menggunakan serat tanaman gebang (Corypha utan) di rumah produksi di Sentra Kerajinan Serat Alam Salamrejo, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Foto:ANTARA/Aditya Pradana Putra

Metrotvnews.com, Kulon Progo: Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta melatih pelaku ekspor dan industri kecil menengah (IKM) menjual produk lewat jaringan (online). Diharapkan pelatihan ini dapat meningkat penjualan dan membuka peluang baru bagi IKM.

"Bimbingan teknis itu untuk meningkatkan nilai ekspor produk Kulon Progo. Tujuan pelatihan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha ekspor tentang cara untuk memasarkan produk ekspornya melalui media online," kata Kepala Dinas Perdagangan Kulon Progo Niken Probo Laras seperti yang dilansir Antara, Minggu 1 Maret 2017.

Ia mengharapkan bimbingan teknis ini dapat meningkatkan nilai ekspor pelaku usaha, dan mendorong pelaku bisnis berani untuk melakukan ekspor sendiri. Kegiatan ekspor ini merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan nilai pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

Menurutnya, salah satu usaha untuk meningkatkan nilai ekspor adalah dengan melakukan berbagai jenis usaha pemasaran untuk menjalin kerja sama dengan pembeli di luar negeri. Pemasaran melalui media daring dinilai lebih murah, mudah untuk digunakan, dan dapat mencakup wilayah yang sangat luas.

"Cara-cara untuk memperoleh pembeli luar negeri, antara lain dengan mengupdate permintaan dari calon buyer, melakukan review terhadap kebudayaan, iklim dan kebiasaan negara calon buyer," kata Niken.

Pendampingan terhadap IKM juga dilakukan agar eksportir mampu melakukan korespondensi dengan calon pembeli, dan melihat peluang ekspor dari para buyer yang sudah menjalin kerja sama.
(SUR)