Usaha Pie Apel Malang Dimulai dengan Modal Satu T

Kesturi Haryunani    •    Selasa, 24 Oct 2017 14:55 WIB
umkm
Usaha Pie Apel Malang Dimulai dengan Modal Satu T
Chris Inderayanto, pemilik usaha pie apel malang -- MTVN/Ninok

Metrotvnews.com, Malang: Malang, salah satu kota di Jawa Timur, biasa disebut dengan Kota Apel. Tidak heran, sebab apel malang sudah terkenal di seantero negeri.

Apel malang memiliki kekhasan yang tidak ada duanya. Warnanya hijau muda, ukurannya sedang, rasanya enak dan manis. Inilah yang menginspirasi Chris Inderayanto untuk mengolah apel malang menjadi sesuatu yang unik untuk oleh-oleh khas Malang, yaitu pie apel malang.

"Saya memulai usaha ini pada akhir 2010. Waktu itu modalnya satu T, yaitu tekad," kata Chris di tokonya yang berada di Jalan R. Tumenggung Suryo, Malang, Jawa Timur, baru-baru ini.

Menurut Chris, tidak mudah memulai usaha oleh-oleh khas Malang ini punya tagline `Benar-benar Malang` ini. Tiga tahun pertama adalah masa-masa sulit baginya. Bahkan, ia masih sering menyesali keputusannya meninggalkan pekerjaannya di Jakarta.

"Awal usaha saya belum punya kulkas. Jadi, saya mengupas apel malam hari agar pagi-pagi bisa langsung diolah lalu dikirim ke toko-toko dengan sepeda motor. Seringkali banyak barang yang return, karena tidak laku," tutur Chris.

Berkat usahanya yang pantang menyerah, kini Chris mulai menikmati hasil jerih payahnya. Dari yang semula hanya mampu memproduksi 96 pie apel malang setiap harinya, kini ia sudah mampu memproduksi ratusan dengan omset Rp400 juta setahun.


Proses pembuatan pie apel malang -- MTVN/Ninok

Bahkan, kini Chris tidak hanya memproduksi pie apel malang dengan berbagai varian rasa. Tapi juga ada pai apel klasik, strudel mini, dan milk tart.

Kini, Chris menghadapi tantangan lain dengan menjamurnya usaha sejenis. Salah satunya terkait pemasaran. Apalagi, Chris mengakui lemah di sosial media.

"Tujuannya saya memang agar orang datang ke sini untuk beli yang fresh," ujarnya.

Beruntung, JNE menghadirkan Pesona. Etalase online milik JNE ini menampung produk-produk makanan dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia untuk dipromosikan dan dipasarkan.



Didukung dengan layanan ekspedisi JNE, Pesona mampu memberikan layanan efektif bagi pemasaran dan distribusi barang milik UMKM. Dengan Pesona, pie apel malang produksi Chris bisa dipasarkan ke sejumlah wilayah di Indonesia.

"Saya sudah bergabung dengan Layanan Pesona JNE sudah hampir dua tahun. Saya merasakan perbedaannya, sudah banyak orang pesan melalui Pesona JNE. Jadi lebih mudah. Pesona juga semakin membranding produk saya," lanjutnya.


(NIN)