Mendikbud Dorong Batu Lestarikan Apel

Daviq Umar Al Faruq    •    Kamis, 02 Aug 2018 10:41 WIB
pariwisata
Mendikbud Dorong Batu Lestarikan Apel
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy. Dok: Humas UMM

Batu: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melestarikan buah apel sebagai ikon Kota Batu. Kota Apel juga harus terus mengembangkan produk turunan dari buah yang jadi ikon tersebut.

"Ikonnya Batu jangan sampe punah. Tentu harusnya menjadi industri andalan," kata Muhadjir di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Kota Batu, Jawa Timur, Rabu 1 Agustus 2018.

Produk turunan apel harus menjadi andalan Kota Batu. Contohnya cuka apel, keripik apel, kosmetik apel, dan lain-lain.

"Mestinya begitu karena apel Batu ini sangat khas dan bagaimana itu harus dipromosikan ke dunia," bebernya.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menambahkan apel Batu adalah apel tropis yang kandungan nutrisinya telah diteliti oleh peneliti dari Jepang. Hasilnya, kandungan nutrisi apel Batu tergolong sangat tinggi, termasuk anti oksidannya.

"Jadi kalau kita tenggorokan sakit itu enggak perlu obat sebetulnya. Makan saja apel Batu dengan catatan apel yang memang bersih dan tidak banyak obatnya itu pasti sembuh," pungkasnya.

Seperti diketahui, selain dikenal sebagai kota wisata, Kota Batu juga memiliki julukan Kota Apel. Julukan ini disematkan karena apel adalah komoditas nomor satu yang dihasilkan petani Kota Batu sejak 1960 silam.

Namun, produksi apel di Kota Batu saat ini justru merosot dari tahun ke tahun. Penurunan produksi apel ini disinyalir akibat faktor kesuburan tanah yang kian berkurang dan faktor lainnya.


(SUR)