UMK Sidoarjo jadi Rp3,2 Juta, Pengusaha Pasrah

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 24 Nov 2016 19:33 WIB
upah
UMK Sidoarjo jadi Rp3,2 Juta, Pengusaha Pasrah
Foto ilustrasi. (Ant/Akbar Nugroho)

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sidoarjo tak keberatan atas ketetapan besaran upah minimum kabupaten kota (UMK) 2017. Meski dinilai besar, pihaknya akan mematuhi keputusan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. 

"Ya, mau bagaimana lagi. Kami tetap akan mematuhi itu," ujar Dewan Pimpinan Apindo Kabupaten Sidoarjo, Sukiyanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (24/11/2016). 

Sukiyanto menjelaskan, sejatinya kalangan pengusaha keberatan dengan keputusan tersebut. Alasannya, tidak semua pengusaha mampu membayar sesuai kenaikan UMK yang sudah ditetapkan. Namun, lagi-lagi pihaknya pasrah, jika itu sudah menjadi ketetapan pemerintah. 

"Kami tetap akan ikuti aturan yang sudah diterapkan pemerintah," lanjutnya. 

Ketetapan UMK Jatim 2017 diatur dalam Pergub Jatim No 121 Tahun 2016 tentang UMK di Jatim Tahun 2017. Pada aturan itu, UMK Sidoarjo naik menjadi Rp3.290.800 dari sebelumnya Rp2.700.000 di tahun 2017.

Sukiyanto bilang, sepanjang perekonomian tak terganggu, para pengusaha tetap membayar upah sesuai dengan UMK yang berlaku. 

"Akhir-akhir ini banyak sekali demo buruh, bisa berdampak pada perekonomian. Sepanjang perekonomian pengusaha lancar, sah-sah saja," tegasnya. 

Jika perekonomian terus anjlok, katanya, tidak menutup kemungkinan pengusaha menempuh PHK pekerja.

"Tapi kami masih tetap mengutamakan jalan yang terbaik. Jika bisa dibicarakan secara baik-baik, kenapa tidak," tandasnya.


(SAN)