Pemprov Minta Pelindo III Serahkan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo

Amaluddin    •    Senin, 20 Mar 2017 20:17 WIB
pelabuhan
Pemprov Minta Pelindo III Serahkan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo
Gubernur Jatim Soekarwo, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Gubernur Jawa Timur Soekarwo meminta Pelabuhan Indonesia (Pelindo III) menyerahkan pengelolaan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo ke Pemerintah Provinsi (Pemprov). Tujuannya, Pemprov bisa mengelola pelabuhan yang ada di Probolinggo secara penuh.

"Jika Pelabuhan Tanjung Tembaga bisa diserahkan ke Pemprov, maka akan terintegrasi dengan Pelabuhan Baru Probolinggo yang kini dikelola Pemprov," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya, saat mendampingi Kunjungan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan, di Gresik, Senin 20 Maret 2017.

Pakde Karwo menilai potensi pelabuhan sangat bagus. Sebab pelabuhan memiliki dermaga dengan kedalaman perairan kurang lebih 16 meter.

Saat ini, gudang dan kawasan industrinya masih kosong. Tapi, Pakde Karwo mengatakan pengembangan kawasan bisa berpotensi memberikan pendapatan yang maksimal untuk Jatim.

Pemprov, lanjut Pakde Karwo, membuat masterplan jangka pendek, menengah, dan panjang di pelabuhan tersebut. Pemprov menggandeng sejumlah perusahaan untuk mengembangkan potensi pelabuhan.

Selain itu, Pemprov juga berencana mengembangkan kapal penyebarangan penumpang  Ro-Ro di Lintas Paciran. Ro-Ro tersebut nantinya diharapkan mampu melayani penyeberangan ke Kalimantan dan Sulawesi Selatan.


(RRN)