Mewarnai Indonesia Ala JNE

Kesturi Haryunani    •    Kamis, 26 Oct 2017 15:59 WIB
jne
Mewarnai Indonesia Ala JNE
Presiden Direktur JNE M. Feriadi (tengah) -- MTVN/Ninok

Metrotvnews.com, Malang: Perusahaan kiriman ekspres dan logistik PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) akan merayakan ulang tahun ke-27 pada November nanti. Selama 27 tahun, JNE melalui perjalanan panjang penuh makna yang sarat kisah.

"Selama 27 tahun ini JNE telah menghubungkan berbagai daerah yang saling berjauhan dan membuka potensi-potensi lokal di daerah yang sebelumnya terkendala masalah logistik," kata Presiden Direktur JNE M. Feriadi di Kampung Warna-warni, Jodipan, Malang, Jawa Timur, baru-baru ini.

Menurut Feriadi, kehadiran JNE turut membantu pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah, terutama di era e-commerce yang tumbuh pesat. "JNE berupaya kehadirannya tidak sekadar sebagai perusahaan pengiriman ekspres dan logistik. Tapi, juga dengan semangat membangun negeri. Sehingga, JNE turut berperan aktif dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan sosial serta kemasyarakatan," lanjutnya.

Malang dipilih sebagai salah satu kota digelarnya rangkaian HUT ke-27 JNE karena terdapat Kampung Warna-warni. Kampung tersebut sesuai dengan tema HUT JNE kali ini, yaitu `Mewarnai Indonesia`.

Selain itu, pertumbuhan industri kreatif dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang, kata Feriadi, menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Sehingga, sejalan dengan kebijakan JNE sebagai sahabat UKM Indonesia.

Di Malang, selain memecahkan rekor MURI mewarnai 1.270 payung, JNE juga membagikan buku cerita bagi siswa PAUD dan TK yang membutuhkan. Total ada 11 ribu buku dibagikan di 11 kota melalui cabang utama JNE di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur.

Sebagai rangkaian HUT ke-27, JNE pun mengajak wirausahawan di 18 kota untuk mengikuti workshop atau seminar gratis bertema `JNE Ngajak Online`. Program ini berisi pelatihan bagi UKM agar produk-produk berkualitas yang dihasilkan dapat dipasarkan secara luas.

"Kami kerap membantu para UKM agar untuk bisa bermain di e-commerce. Potensinya sangat besar di sana. Maka dari itu, kami juga memberikan knowledge mengenai dunia digital ke para pelaku UKM," imbuh Feriadi.

JNE juga mengadakan program `JNE Ngajak Ngirim`. Program ini berupa gratis ongkos kirim yang berlaku sehari setelah acara `JNE Ngajak Online` digelar.

"JNE Ngajak Ngirim ini berlaku untuk paket seluruh pelanggan dengan tujuan Jakarta," ujar Feriadi.

Bukan hanya itu, untuk memaksimalkan dukungan terhadap UKM lokal menuju pasar global, JNE pun telah mempersiapkan layanan JNE Internasional Service yang dapat mendistribusikan paket pelanggan ke lebih dari 250 negara utama di semua benua.

JNE mengawali perusahaan dari empat orang karyawan, kini berkembang menjadi perusahaan multinasional dengan 6.000 lebih jaringan yang tersebar hingga ke pelosok Indonesia. Seluruh jaringan tersebut diperkuat dengan 40.000 karyawan, mulai dari karyawan kantor pusat dan cabang utama sampai dengan karyawan JNE milik mitra.
(NIN)