Jelang Akhir Tax Amnesty Jilid 2, KPP Genjot Sosialisasi di Perumahan Warga

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 20 Dec 2016 10:17 WIB
tax amnesty
Jelang Akhir Tax Amnesty Jilid 2, KPP Genjot Sosialisasi di Perumahan Warga
Sosialisasi tax amnesty di Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sidoarjo Barat, Jawa Timur, menggenjot uang tebusan pada program Tax Amnesty atau pengampunan pajak. Caranya yaitu menyosialisasikan program sebelum masa tax amnesty berakhir pada 31 Desember.

Kepala KPP Pratama Sidoarjo Barat Andi Wahyu Mulyadi, mengerahkan petugas ke perumahan Citra Harmoni di Kecamatan Taman Sidoarjo, Selasa 20 Desember. Andi menilai warga di perumahan tersebut memiliki penghasilan yang cukup memadai untuk mengikuti program tax amnesty.

"Sengaja kami sosialisasikan program tax amnesty ini kepada warga perumahan. Selain penghasilan, hartanya pun cukup memadai," ujar Andi.

Menurut Andi, sosialisasi ini akan terus dilakukan hingga program tax amnesty selama tiga periode selesai. Yang menjadi kendala, katanya, kesadaran masyarakat minim untuk mengungkap hartanya. Padahal negara tengah mempercepat pembangunan.

Andi berharap sosialisasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat. Bukan hanya pengusaha, warga yang berprofesi sebagai wirausaha, pegawai negeri sipil, hingga pemilik saham pun wajib memiliki program tersebut.

"Untuk UMKM sendiri, kita sudah sosialisasikan hinga ke kecamatan-kecamatan yang ada di Sidoarjo Barat. Dan ke depan, kita juga akan jemput bola ke warga masyarakat," tandasnya. 

KPP Pratama Sidoarjo Barat mendata jumlah Surat Pernyataan Harta (SPH) pada Program Tax Amnesty sebanyak 1.316 Wajib Pajak. Sedangkan uang tebusan yang didapat di periode kedua mencapai Rp60 miliar dari target sebesar Rp160 miliar. Adapun harta yang dideklarasikan warga Sidoarjo melalui KPP Pratama Sidoarjo barat mencapai Rp2,9 triliun


(RRN)