Menhub Sidak Pelabuhan Tanjung Perak

Amaluddin    •    Kamis, 08 Sep 2016 19:59 WIB
pelabuhan
Menhub Sidak Pelabuhan Tanjung Perak
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diperiksa oleh petugas pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/9/2016). Foto: Antara/Didik Suhartono

Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan dadakan ke Jawa Timur, Kamis 8 September 2016. Dia mengunjungi tiga lokasi, yakni Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal Teluk Lamong, dan Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE) Surabaya yang merupakan wilayah kerja PT Pelindo III (Persero). 

"Kami ingin tahu potensi pelabuhan yang ada di Jatim, khususnya Surabaya," kata Budi ditemui di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Budi mengaku kagum dengan pengelolaan pelabuhan yang dilakukan Pelindo III. "Saya salut dengan Pelindo III yang dapat membangun pelabuhan modern dengan baik," ucap Budi.

Pelindo III mampu membangun terminal penumpang modern Gapura Surya Nusantara atau dikenal dengan Surabaya North Quay. Fasilitas di terminal itu layaknya bandara.

Terminal Teluk Lamong, sebagai terminal semi otomatis dan ramah lingkungan pertama di Indonesia, menjadi lokasi kedua yang dikunjungi Budi. Budi mengamati sistem kerja ship to shore crane dan automated stacking crane sebagai peralatan semiotomatis untuk mengatur peti kemas. 

Kunjungan terakhir Budi ke Jawa Timur adalah ke cucu Pelindo III, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE). Budi tertarik dengan pelabuhan yang memiliki luas 2.933 hektare tersebut. Terutama integrasi antara pelabuhan dan permukiman.


(UWA)