Wisatawan asal Malaysia Paling Banyak Datangi Jatim

Amaluddin    •    Rabu, 02 Nov 2016 11:52 WIB
wisatawan
Wisatawan asal Malaysia Paling Banyak Datangi Jatim
Dua atlet paralayang terbang menikmati keindahan Kawah Ijen, Ant - Seno

Metrotvnews.com, Surabaya: Wisatawan asal Malaysia mendominasi kunjungan turis asing ke Jawa Timur. Mereka masuk melalui Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, menuju sejumlah wisata di Jatim.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, Teguh Pramono, menyebutkan 19.907 turis mancanegara memasuki wilayah Jatim pada September 2016. Jumlah itu naik 4,61 persen dari Agustus 2016.

"Wisata mancanegara terbanyak berasal dari Malaysia. Jumlahnya mencapai 4.746 kunjungan atau naik 29,53 persen dari Agustus," kata Teguh di Surabaya, Rabu (2/11/2016).

Teguh menyebutkan salah satu tujuan wisata mancanegara yaitu Banyuwangi. Kabupaten tersebut memiliki sejumlah kawasan wisata yang memikat turis mancanegara.

Beberapa kawasan misalnya Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Teluk Hijau. Panorama kawasan Gunung Bromo di Probolinggo pun menjadi tujuan wisatawan mancanegara.

Selain Malaysia, turis mancanegara juga berasal dari Singapura, Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, dan Thailand. Namun tak semua turis hendak berwisata ke Jatim. Sebagian dari mereka hanya transit menuju provinsi lain, misal Bali.

Teguh mengakui kedatangan wisatawan mancanegara mengoptimalkan jumlah tingkat penghunian kamar (TPK) di Jatim. Rata-rata, wisatawan menginap di Jatim lebih dari 2 hari.


(RRN)