Puluhan Pemilik Rumah Hiburan Karaoke Dikumpulkan di Sidoarjo

Syaikhul Hadi    •    Senin, 17 Oct 2016 19:05 WIB
dunia usaha
Puluhan Pemilik Rumah Hiburan Karaoke Dikumpulkan di Sidoarjo
Sosialisasi rekreasi hiburan umum di Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengumpulkan puluhan pemilik rumah hiburan karaoke. Pemerintah menyosialisasikan kegiatan rekreasi berikut peredaran minuman beralkohol di kabupaten tersebut.

Puluhan pemilik rumah hiburan itu berkumpul di aula Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Sidoarjo, Senin 17 Oktober. Petugas dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) menekankan pemilik rumah hiburan harus mengantongi izin usaha.

"Kami minta setelah sosialisasi, yang belum memiliki izin segera mengurusnya," kaya Kabid Pariwisata Disporbudpar Kabupaten Sidoarjo, Prihatin. 

Prihatin mengatakan 33 rumah hiburan di Sidoarjo sudah mengantongi izin. Namun beberapa rumah hiburan sudah tutup. Ia juga memperkirakan jumlah rumah hiburan di Sidoarjo bertambah.

"Tanyakan ke Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) terkait izin usaha rumah hiburan. Disporbudpar hanya berwenang untuk pengawasan dan pembinaan," ujarnya.

Prihatin juga meminta pemilik rumah hiburan tak menyediakan minuman beralkohol. Permintaan itu tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2008 tentang Kepariwisataan dan Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Minuman Beralkohol (Minol).

Prihatin mengingatkan pemilik usaha tak mempekerjakan karyawan di bawah umur. Prihatin mengaku mendapat laporan sejumlah rumah hiburan masih mempekerjakan anak-anak.



(RRN)