Tak Mampu Bayar Listrik, Silakan Mengadu ke Kelurahan

Amaluddin    •    Kamis, 05 Jan 2017 13:37 WIB
tarif listrik
Tak Mampu Bayar Listrik, Silakan Mengadu ke Kelurahan
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Adimaja)

Metrotvnews.com, Surabaya: PT PLN (Persero) membuka layanan komplain di seluruh kelurahan dan kecamatan di Jawa Timur. Ini dilakukan agar masyarakat dapat mengajukan komplain apabila merasa tak layak digolongkan ke dalam rumah tangga mampu terkait kenaikan tarif listrik per 1 Januari 2017.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, mengatakan layanan tersebut dinamai Posko Pengaduan Subsidi Listrik Tepat Sasaran. Layanan ini dibuka menyusul diberlakukannya kenaikan tarif listrik berdaya 900 VA. 

"Warga yang merasa tidak mampu, sampaikan aspirasinya ke Posko Pengaduan," kata Pinto, dikonfirmasi, Rabu (4/1/2017).

PLN Jatim, kata Pinto, telah menyosialisasikan keberadaan posko ini sejak 8 Desember. Masyarakat yang merasa tak mampu harus mengisi formulir pengaduan. Nantinya, pengaduan itu akan diteruskan ke otoritas berwenang.

"Petugas kecamatan akan mengunggah ke laman Posko Kementerian ESDM. Nanti pusat yang menentukan (layak atau tidaknya)," kata dia.

Pinto mengatakan mudah mengetahui masyarakat yang mampu dan tak mampu membayar listrik. "Rumah tangga yang tak mampu pemakaian listriknya di bawah 100 KWh per bulan. Kalau di atas itu berarti mampu," kata dia.



(UWA)