2017, RS dr Soetomo Akan Berakreditasi Internasional

Amaluddin    •    Kamis, 29 Sep 2016 15:28 WIB
fasilitas kesehatan
2017, RS dr Soetomo Akan Berakreditasi Internasional
Pasien di RSUD dr Soetomo tengah mencoblos untuk keperluan pilkada. Foto: Antara/Eric Ireng

Metrotvnews.com, Surabaya: RSU dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur, akan berakreditasi internasional pada 2017. Hal itu diketahui setelah mengikut tahapan akreditasi internasional yang diselenggarakan Joint Commission International (JCI) sejak 11 Juni 2015.

"Progresnya bagus untuk mencapai akreditasi internasional. Saat ini kami sedang menyelesaikan dokumen dan perbaikan sarana prasarana. Pertengahan 2017 mungkin kami sudah berakreditasi internasional," kata Wakil Direktur Pelayanan Medis RSU dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi, Kamis (29/9/2016).

Joni mengatakan tim JCI akan mensurvei rumah sakit ini pada 17 Oktober 2016. Mereka juga akan membimbing RSU dr Soetomo agar terus berbenah. 

"Kami juga dapat masukan dari Universitas Airlangga Surabaya untuk mengembangkan pendidikan dan penelitian," tuturnya.

Dengan akreditasi internasional, pelayanan, pendidikan, dan penelitian di rumah sakit ini dipastikan akan terstandar internasional. 

Pada 2014 RSU dr Soetomo Surabaya telah mengantongi Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit yang lulus tingkat paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit Kementerian Kesehatan.

"Pada prinsipnya, peningkatan mutu keselamatan pasien (PMKP) harus lebih diupayakan lebih baik lagi," tandasnya.

Salah satu standar yang harus dipenuhi rumah sakit yang berakreditasi internasional adalah mendahulukan pasien yang kritis. Penanganan pun harus cepat. 

Menurut dia, saat ini ada dua langkah yang dipersiapkan, yakni melengkapi dokumen tentang penelitian dan pendidikan, serta sarana dan prasarana kesehatan.

Berdasarkan situs resmi JCI, sebanyak 23 rumah sakit di Indonesia sudah bersertifikasi internasional. Sebagian besar rumah sakit itu berada di Jakarta. Jumlah itu masih jauh dari Thailand yang mencapai 53 rumah sakit. Singapura dengan jumlah penduduk jauh lebih sedikit dari Indonesia memiliki rumah sakit bersertifikasi internasional sebanyak 23 unit.

JCI adalah organisasi internasional yang dipercaya untuk menentukan kualitas rumah sakit di dunia.


(UWA)