Penukaran Rupiah Baru Tembus Rp1,7 M di Hari Pertama di Jatim

Amaluddin    •    Selasa, 20 Dec 2016 18:21 WIB
rupiah
Penukaran Rupiah Baru Tembus Rp1,7 M di Hari Pertama di Jatim
Warga menunjukan uang rupiah desain baru yang ditukarkan di BI Jatim, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Penukaran uang rupiah tahun emisi 2016 di Jawa Timur mencapai Rp1,7 miliar pada hari pertama. Besaran itu didapat dari sejumlah lokasi penukaran uang di Surabaya, Malang, Jember, dan Kediri.

Kepala Divisi Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia Jatim, Hestu Wibowo, mengaku belum dapat memastikan jumlah uang yang ditukar di hari kedua. Namun ia memperkirakan jumlahnya mencapai lebih Rp2 miliar.

"Saat ini masih kami hitung jumlahnya berapa," kata Hestu di Surabaya, Selasa (20/12/2016).


(Antrean penukaran uang rupiah desain baru di BI Jatim, MTVN - Amaluddin)

Wibowo menilai animo masyarakat untuk menukar uang rupiah desain baru cukup tinggi. Pecahan uang yang paling banyak ditukar yaitu Rp50 ribu dan Rp20 ribu.

Menurut Wibowo, penukaran uang rupiah baru tahap pertama diperuntukkan masyarakat umum. Sementara penukaran untuk lembaga dan perbankan masih dibatasi.

"Kenapa kami utamakan untuk masyarakat, ini untuk mensosialisasikan ke masyarakat," ujarnya.

Untuk perbankan dan lembaga, Wibowo mengatakan penukaran dilakukan di hari ketiga setelah peluncuran pada Senin 20 Desember. 

Senin 19 Desember, BI meluncurkan 11 uang rupiah tahun emisi 2016. Uang dengan desain baru sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.


(Bentuk uang rupiah desain baru ditukar di BI Jatim, MTVN - Amaluddin)

Baca: BI Resmi Luncurkan Uang Rupiah Baru

Berikut 11 tampilan baru uang rupiah tahun emisi 2016:
1. Gambar Pahlawan Nasional Dr (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp100.000.

2. Gambar Pahlawan Nasional Ir H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp50.000.

3. Gambar Pahlawan Nasional Dr G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp20.000.

4. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp10.000.

5. Gambar Pahlawan Nasional Dr K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp5.000.

6. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp2.000.

7. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp1.000.

8. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp1.000.

9. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp500.

10. Gambar Pahlawan Nasional Dr Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp200.

11. Gambar Pahlawan Nasional Prof Dr Ir Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp100.

Lihat video: 




(RRN)