Harga Cabai Rawit Merah di Jatim Turun jadi Rp80 Ribu/Kg

Amaluddin    •    Minggu, 26 Mar 2017 15:41 WIB
harga cabai
Harga Cabai Rawit Merah di Jatim Turun jadi Rp80 Ribu/Kg
Pedagang cabai di Pasar Wonokromo Surabaya. (MTVN/Amal)?

Metrotvnews.com, Surabaya: Harga cabai rawit merah di sejumlah pasar di Jawa Timur berangsur turun. Di antaranya terjadi di Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik.

"Alhamdulillah sekarang turun menjadi Rp80 ribu per kilogram (kg). Sebelumnya Rp130 ribu/kg," kata Maimunah, salah satu pedagang cabai di Pasar Wonokromo Surabaya, Minggu, 26 Maret 2017.

Menurut perempuan asal Jagir Wonokromo itu, harga cabai rawit merah turun karena bulan Maret ini adalah masa panen. Sehingga, kata dia, harga cabai di tengkulak juga turun. "Kalau bulan-bulan sebelumnya, kan, musim hujan terus, sekarang hujan mulai jarang, otomatis petani cabai bisa panen," katanya.

Harga cabai rawit merah di Pasar Baru Gresik juga turun menjadi Rp80 ribu/kg, dari sebelumnya Rp150/kg. "Kualitasnya juga bagus. Pendapatan juga mulai stabil," kata Marsi, seorang pedagang cabai di Gresik.

Marsi mengaku kulakan cabai di Pasar Oso Wilangun Surabaya. Ia membeli cabai dari tengkulak sebesar Rp70 ribu/kg. Menurut Marsi, turunnya harga cabai ini diikuti turunnya sejumlah komoditas, seperti bawang merah, bawang putih, dan sayur mayur lainnya.

Marsi berharap kepada pemerintah agar terus membantu menstabilkan harga cabai rawit. Sebab dengan tingginya harga cabai, kata dia, para pedagang bakal kesusahan mendapatkan stok dan sulit menjualnya. Selain itu, kenaikan harga cabai rawit ini juga diikuti naiknya harga sayur. 

"Kalau harganya naik Rp10 ribu, kita sebagai pedagang juga menaikkan Rp10 ribu, mudah-mudahan harganya terus turun," harapnya.


(SAN)