Mobil Kas Keliling BI Jatim Bawa Rp600 Juta Uang Baru

Amaluddin    •    Rabu, 21 Dec 2016 14:57 WIB
rupiah
Mobil Kas Keliling BI Jatim Bawa Rp600 Juta Uang Baru
Foto ilustrasi. (Ant/Feny Selly)

Metrotvnews.com, Surabaya: Penukaran uang rupiah baru tahun emisi 2016 di Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Timur, di Jalan Pahlawan, Surabaya, sudah ditutup. Kini, BI membuka layanan penukaran uang baru bagi masyarakat umum di luar kantor dengan cara kas keliling.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Jatim, Hestu Wibowo, bilang, penukaran di Kantor BI resmi ditutup kemarin. BI melayani penukaran uang edisi baru di beberapa pasar di Surabaya. 

Antara lain Pasar Genteng, Pasar Wonokromo, Pasar Atom, dan Pasar Kapasan. "Durasi waktunya di masing-masing titik sekitar dua jam, kondisional tergantung ramai dan tidaknya. Mobil kas keliling itu kami siapkan uang baru Rp500-Rp600 juta sekali jalan," kata Hestu, dikonfirmasi, Rabu (21/12/2016).


Lembaran mata uang Rupiah edisi baru. (Ant/Adwit B Pramono)

Ia mengimbau masyarakat mendatangi titik-titik yang menjadi pemberhentian mobil kas keliling. "Silakan menukarkan di mobil kas keliling BI di beberapa titik di Surabaya itu," tandasnya.

Uang rupiah emisi 2016 diluncurkan BI pada Senin 19 Desember. Ada 11 pecahan rupiah dengan desain baru itu. Peluncuran sesuai Kepres Nomor 31 tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.


(SAN)