Pengelolaan Kargo Bandara Juanda Diambil Alih Angkasa Pura I

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 06 Sep 2016 20:24 WIB
bandara
Pengelolaan Kargo Bandara Juanda Diambil Alih Angkasa Pura I
Bandara Juanda. Foto: Antara/Eric Ireng

Metrotvnews.com, Sidoarjo: PT Angkasa Pura I (Persero) resmi mengambil alih pengelolaan Terminal kargo Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa 6 September 2016. 

Pengambilalihan pengelolaan terminal kargo internasional sesuai Pasal 232 dan 233 UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 187 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 56 Tahun 2015 tentang Kegiatan Pengusahaan di Bandara Juanda Surabaya.

"Sebelumnya pengelolan dan penanganannya dilakukan PT Jasa Angkasa Semesta," kata Road Development and Marketing Department Head PT Angkasa Pura I, Rahadian Dewanto Yudisworo, di Kantor Angkasa Pura I Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur. 

Berdasarkan aturan tersebut, kata Rahadian, PT Angkasa Pura I (Persero) selaku Badan Usaha Bandar Udara memiliki kewajiban untuk menjadi penyelenggara jasa bandar udara, baik terminal penumpang maupun terminal kargo. 

Selain itu, Angkasa Pura I juga berhak mengelola tempat penimbunan sementara di Terminal Kargo Internasional di Bandara Juanda Surabaya. "PT Angkasa Pura I sebagai pemilik izin tempat penimbunan sementara itu," ujarnya.

Per 20 September mendatang, PT Angkasa Pura I juga sudah mendapat izin dari Kementerian Keuangan untuk pengelolaan TPS di terminal kargo internasional. Sehingga, ke depannya akan ada dua penyelanggara pelayanan jasa di terminal kargo internasional. Di antaranya, Angkasa Pura Logistik dan PT Jasa Angkasa Semesta. 

"PT Jasa Angkasa Semesta menangani enam maskapai. Sedangkan Angkasa Pura Logistik menangani empat maskapai. Tapi, segala proses dan prosedural tidak ada perubahan. Hanya, jika dulu satu, sekarang ada dua," kata dia.


(UWA)