November, Dana 222 Ribu Penerima PKH di Jatim Cair

Amaluddin    •    Selasa, 25 Oct 2016 22:26 WIB
dana pkh
November, Dana 222 Ribu Penerima PKH di Jatim Cair
Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa. Foto: Metrotvnews.com/Amal

Metrotvnews.com, Surabaya: Sebanyak 222 ribu dari satu juta lebih penerima bantuan dana program keluarga harapan (PKH) di Jawa Timur (Jatim) bakal dicairkan secara nontunai. Pencairan akan dimulai di wilayah Gresik pada 5 November.

"Pencairannya bisa lewat ATM. Bantuan secara nontunai ini untuk memotivasi penerima supaya rajin menabung," kata Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, saat menutup rapat koordinasi pedamping PKH se-Jatim di Dyandra, Surabaya, Selasa (25/10/2016).

Penerima PKH, kata Mensos, tidak hanya menerima kartu keluarga sejahtera berwarna merah putih, tapi juga mendapat buku tabungan. Sehingga, masyarakat bisa menabung ketika mempunyai uang. "Yang sudah siap di Jatim ada 222 ribu (pencairan PKH nontunai)," ujarnya.

Sedangkan secara nasional, lanjut Khofifah, yang sudah siap untuk pencarian bantuan dana PKH nontunai sebanyak satu juta. Kuota penerima PKH bertambah secara nasional, khusus Jatim ada penambahan 591 ribu.

"Penerima manfaat PKH bisa mengambil uang sesuai kebutuhan dan sisanya ditabung. Karena jika diberikan tunai, kadang langsung dihabiskan. Jadi, kami ingin mendidik agar mereka bisa menabung," ujar dia.


(UWA)