Diduga Terhubung dengan MCA, Polres Sidoarjo & Bareskrim Polri Berkoodinasi

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 01 Mar 2018 15:18 WIB
ujaran kebencian
Diduga Terhubung dengan MCA, Polres Sidoarjo & Bareskrim Polri Berkoodinasi
Ilustrasi ujaran kebencian - Medcom.id.

Sidoarjo: Polisi mengidentifikasi sebuah grup milik tersangka ujaran kebencian, Emir Rianto, 56, yang diduga terafiliasi dengan The Family MCA (Muslim Cyber Army). Polresta Sidoarjo akan berkoordinasi dengan Direktorat Cybercrime Mabes Polri terkait temuan tersebut. 

"Untuk mengetahui secara mendalam hubungan tersangka dari Sidoarjo dengan tersangka lain yang ditangkap Mabes Polri terkait MCA," tegas Kapolresta Sidoarjo, Kombes Himawan Bayu Aji, Kamis, 1 Maret 2018. 

Baca: Unggah Ulang Konten MCA, Seorang Warga Sidoarjo Ditangkap

Dari pengembangan sementara, polisi menemukan sebuah grup milik tersangka yang diduga terhubung dalam grup yang serupa dengan MCA. Sehingga nanti bisa diketahui Emir tergabung dalam MCA atau tidak.

"Saat ini masih dilakukan penyidikan secara mendalam," tambahnya. 

Polisi pun kini masih menelusuri rekan-rekan Emir yang bergabung dalam grup serupa MCA tersebut. 

"Untuk memastikan itu, masih kami telusuri. Jangan sampai video tersebut kembali meresahkan masyarakat luas," tandasnya. 

Baca: Polisi Tangkap 4 Orang dari Kelompok Muslim Cyber Army

Di dalam akun Facebook-nya, tersangka mengunggah foto Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan caption 'Saya mewakili keluarga besar Mabes Polri memohon maaf kepada seluruh umat Islam Indonesia atas kejadian penginjakan kitab suci Alquran yang dilakukan kesatuan Densus 88 dan Sipir Mako Brimob Depok (Kapolri Irjen Tito Karnavian)'. Dan 'Memancing di air yang keruh tidak jauh beda dengan penghina-penghina Alquran. Hukuman yang pantas adalah penggal lehernya, meski dia seorang muslim!!!'. 

"Unggahan itu dibanjiri like dan respons," ungkapnya.

Meski tersangka sudah meminta maaf atas unggahannya itu, pihaknya memproses hukum pidana. Akibat perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. 


(LDS)