Terduga Teroris di Surabaya Tertutup

Amaluddin    •    Sabtu, 09 Dec 2017 17:46 WIB
terorisme
Terduga Teroris di Surabaya Tertutup
Puluhan petugas polisi menjaga ketat kediaman terduga teroris di Kawasan Ampel Surabaya. (Medcom.id/Amal).

Surabaya: Terduga teroris berinisial DY alias MM, warga asal Jalan Ampel Kembang 25, Semampir, Surabaya dikenal baik oleh warga setempat. Meski demikian, DY dan keluarganya tertutup dengan warga setempat.

“Orangnya baik, sering nyapa kalau bertemu warga. Tapi tidak pernah ngumpul membaur dengan warga. Kita hanya ketemu saat mau keluar dan mau masuk rumah,” kata seorang ibu (49) warga setempat yang enggan menyebut namanya, kepada Medcom.id, Sabtu, 9 Desember 2017.

Ibu dua anak ini mengaku hanya kenal dengan DY dan keluarganya. DY, kata dia, merupakan warga Tanjung Perak Surabaya sebelum membeli rumah di kawasan Ampel Surabaya. Selebihnya, kata dia, dirinya tidak mengetahui latarbelakang DY.

“Dia (DY, red.) sudah lama tinggal di sini sekitar delapan tahun. DY selalu berpakaian ghamis ala pengajian, istrinya juga gitu,” ujarnya.

Baca: Densus 88 Tangkap Pria Terduga Teroris di Surabaya

Sementara Noval Salim, warga lainnya mengatakan DY dalam kehidupan sehari-hari berprilaku baik dan suka membantu kegiatan kampung. "Makanya saya gak menyangka kalau Pak Deny ditangkap atas tuduhan terduga teroris,” katanya.

Dia mencontohkan, setiap ada tetangga yang meninggal dunia, DY selalu ikut membantu hingga proses pemakaman selesai.

DY tinggal di Jalan Ampel Kembang bersama seorang istri dan ketiga anaknya yang masih kecil-kecil. "Pekerjaannya jualan obat herbal. Saya mengenalnya sebagai seorang pekerja keras," katanya. 

Selain itu, warga sekitar mengenal DY sebagai seorang yang rajin beribadah karena sering salat berjamaah di masjid-masdjid sekitar kampung Ampel Surabaya. Bahkan, DY sering kali menjadi imam di masjid-masjid sekitar Ampel. 

"Warga di sini sudah terbiasa salat berjemaah dengan berpindah-pindah masjid yang ada di sekitar sini. Istilahnya kita beri iktikaf," ujarnya.


(ALB)