Rahasia Sumenep Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Rahmatullah    •    Senin, 11 Dec 2017 08:11 WIB
hak asasi manusia
Rahasia Sumenep Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM
Kantor Pemkab Sumenep. Foto: Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Pemnerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, meraih penghargaan Kabupaten/ Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dengan nilai B dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sumenep A Fauzi di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu 10 Desember 2017.

Fauzi mengaku bangga atas raihan tersebut, karena hal itu baru pertama kali didapatkan sepanjang sejarah pemerintahan Sumenep. Apa saja rahasianya?

Dia menganggap wajar bisa meraih penghargaan ini. Kunci Pemkab bisa meraih penghargaan dengan menjamin hak-hak politik, ekonomi, sosial dan hak-hak budaya warga. Pemkab juga memberikan pelayanan pendidikan dan kesehatan dengan maksimal bagi masyarakat Sumenep.

"Pemkab juga sudah memberikan jaminan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan dengan baik," jelas Fauzi.

Persoalan HAM di tanah air, kata Fauzi, mesti diselesaikan bersama. Mulai pelanggaran HAM di masa lalu, konflik agraria, hingga hak masyarakat adat.

Pemenuhan hak pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat, pemenuhan hak-hak dasar bagi kelompok-kelompok terpinggirkan serta penyandang disabilitas juga tak boleh dilupakan. Persoalan kelompok minoritas karena perbedaan etnis atau agama perlu juga disikapi semua pihak.

"Harapannya tentu saja permasalah tersebut segera diselesaikan dengan baik," ungkapnya.

Selebihnya, Fauzi berharap semua pihak menghormati penegakan HAM bukan hanya karena amanah konstitusi, melainkan adanya nilai-nilai kemanusiaan yang melandasi hubungan antara pemerintah dengan rakyat.

Dengan nilai-nilai tersebut, katanya, pemerintah semaksimal mungkin berusaha menjamin terpenuhinya semua hak warga tanpa pandang bulu, seperti hak politik, ekonomi, dan hak lainnya.


(SUR)