Tiga Kecamatan di Jombang Dilanda Banjir Akibat Hujan Deras

Nurul Hidayat    •    Selasa, 19 Dec 2017 23:01 WIB
banjirbencana banjir
Tiga Kecamatan di Jombang Dilanda Banjir Akibat Hujan Deras
Banjir di Mojoagung. Foto: Medcom.id/Nurul Hidayat

Jombang: Tiga kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dilanda banjir akibat tingginya curah hujan yang mengguyur sejak Selasa, 19 Desember 2017, sore. Kondisi banjir terparah terletak di Kecamatan Mojoagung.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang Ahmad Saichul Jabara menjelaskan kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Bareng, Mojowarno dan Kecamatan Mojoagung.

"Dari laporan awal yang masuk ke kami, saat ini baru ada tiga kecamatan. Namun data akan kita terus kita mutakhirkan," ujarnya di Balai Desa Kademangan, Mojoagung, Jombang, Selasa, 19 Desember 2017.

Ada 12 desa yang terdampak di tiga kecamatan tersebut, masing-masing satu desa di Kecamtan Bareng, empat desa di Kecamatan Mojowarno dan tujuh desa di Kecamatan Mojoagung. Banjir diprediksi masih akan meluas hingga besok pagi.

"Jika melihat tradisi banjir, kemungkinan besar mulai besok pagi akan melebar ke Lecamatan Sumobito," imbuhnya.

Sementara itu, terkait jumlah pengungsi, Ahmad belum dapat memastikan, karena saat ini pihaknya tengah fokus kepada evakuasi warga terdampak banjir.

"belum masuk laporan pengungsi yang ada, karena hingga saat ini kami masih fokus kepada evakuasi warga lansia dan balita yang kami utamakan," pungkasnya.


(SUR)