Nawa Bhakti Satya, Program Andalan Khofifah untuk Jatim

Amaluddin    •    Kamis, 01 Feb 2018 11:00 WIB
pilgub jatim 2018
Nawa Bhakti Satya, Program Andalan Khofifah untuk Jatim
Bacagub Jatim Khofifah Indar Parawansa saat silaturrahim ke DPD Partai Demokrat Jatim, Medcom.id - Amal

Surabaya: Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyiapkan sembilan program andalan untuk Jatim. Menurut khofifah, sembilan program tersebut mirip dengan program Joko Widodo (Jokowi).

"Sembilan program itu memiliki sebutan yang mirip dengan program Presiden Jokowi. Kami menyebut sembilan program itu bernama Nawa Bhakti Satya," kata Khofifah, saat bersilaturahmi ke Kantor DPD Demokrat Jatim.

Nawa Bhakti Satya memiliki makna. Nawa dalam bahasa sansekerta berarti sembilan. Nama itu, kata Khofifah, adalah sembilan program yang dirumuskan dengan tujuan untuk menjadikan Jawa Timur lebih sejahtera dan mulia.

"Kami mendedikasikan seluruh energi positif untuk Jatim supaya lebih mulia," katanya.

Sebagian dari sembilan program Nawa Bhakti Satya itu di antaranya meneruskan program-program yang telah dilakukan oleh Soekarwo Gubernur Jatim.

Salah satunya, kata Khofifah, mewujudkan pendidikan vokasional di Jawa Timur. Dia mengatakan, apa yang diupayakan oleh Pakde Karwo dalam hal pendidikan vokasi sangat positif. "Jadi pendidikan vokasi ini menjadi satu dari Nawa Bhakti Satya," katanya.

Khofifah mengaku sudah melakukan upaya yang dia sebut sebagai "navigasi program" berkaitan pendidikan vokasi ini ke beberapa lembaga di Jawa Timur yang mampu mewujudkannya.

"Kebetulan pendidikan vokasio ini juga menjadi komitmen pak Jokowi yang sudah dibahas dalam rapat-rapat yang saya turut hadir," ujar bakal calon gubernur yang akan berpasangan dengan Emil Elistianto Dardak ini.

Seperti apa yang dititipkan oleh Pakde Karwo, Khofifah mengatakan akan melakukan pengentasan kemiskinan di Madura yakni dengan mewujudkan pendidikan vokasi di wilayah inti kemiskinan (core poverty) di Jatim itu.



(RRN)