Parkir di Surabaya bakal Berasuransi

Amaluddin    •    Selasa, 08 May 2018 17:23 WIB
perparkiran
Parkir di Surabaya bakal Berasuransi
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

Surabaya: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, bakal menerapkan aturan bagi kendaraan yang hilang atau rusak di tempat parkir legal mendapat asuransi. Aturan itu tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan parkir DPRD Surabaya.

"Aturan itu sudah selesai dibahas, sudah masuk tahap final. Tapi belum bisa diterapkan, karena sekarang masih menunggu persetujuan dari Gubernur Jatim (Soekarwo)," kata Wakil Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Parkir DPRD Kota Surabaya, Agustin Poliana, dikonfirmasi, Selasa, 8 Mei 2018.

Menurut Agustin, Raperda tersebut akan memberi rasa aman dan nyaman bagi pengguna parkir legal alias resmi di Surabaya. Sebab, kata dia, ada beberapa poin di antaranya, kendaraan roda empat atau roda dua yang rusak/hilang saat di parkir di tempat parkir legal akan mendapat asuransi dari pemerintah.

"Tempat parkir yang legal atau resmi itu adalah tempat parkir yang sudah ditentukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya maupun swasta. Tapi asuransi penggantian yang dari swasta akan lebih besar dari asuransi pemerintah," katanya.

Sementara itu, Ketua Pansus Raperda Pengelolaan Parkir DPRD Surabaya, Junaedi, mengatakan asuransi kepada para pengguna jasa parkir di Kota Surabaya saat ini menjadi sebuah kebutuhan yang penting. "Karena itu para pengguna jasa parkir perlu mendapatkan haknya dengan maksimal. Salah satunya berupa asuransi kehilangan atau kerusakan," ujarnya.

Menurut dia, dalam raperda tersebut akan menjelaskan secara detail premi asuransi yang dibayarkan untuk sepeda motor, mobil dan kendaraan yang parkir di tempat legal. Namun untuk teknisnya, lanjut dia, nanti akan kembali dibahas lebih lanjut oleh Dishub Kota Surabaya. 

"Termasuk berhubungan dengan tarif karcis parkir yang akan dibayar oleh pengguna jasa parkir saat masuk ke tempat parkir. Intinya dengan adanya asuransi pansus ingin menjamin keberadaan kendaraan yang parkir di kawasan Surabaya. Yang jelas pihak asuransi sudah bersedia bekerja sama," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Surabaya ini.


(ALB)