PT KAI Daop 9 Cek Kelayakan Jalur dan Kereta

Kusbandono    •    Jumat, 01 Jun 2018 12:46 WIB
Mudik Lebaran 2018
PT KAI Daop 9 Cek Kelayakan Jalur dan Kereta
Petugas sedang memperbaiki jalur rel yang rusak.

Jember: PT KAI Daop 9 Jember secara intensif mengecek kelayakan jalur rel kereta api diwilayah kerja Daop 9 Jember untuk memastikan keamanan serta keselamatan perjalanan kereta api pada massa angkutan lebaran 2018. 

Luqman Arif, Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember mengatakan pengecekan dan uji kelayakan sarana dan prasarana mulai rel hingga fasilitas penunjang  perjalanan kereta api dilakukan di seluruh wilayah kerja daop 9 Jember mulai kawasan Pasuruan sampai Banyuwangi. 

"Jauh-jauh hari kita sudah melakukan persiapaan terkait sarana prasarana dan fasilitas maupun SDM yang memang kita siapkan pada angkutan lebaran, secara berkala kita lakukan pemeriksaan dengan menerjunkan petugas terutama di lokasi rawan bencana, " kata Luqman kepada Medcom.id Jumat 1 Juni 2018.

Sejumlah lokasi yang rawan di wilayah daop 9 Jember berada di antara stasiun Kalibaru-Stasiun Garahan, serta Stasiun Kalisat hingga Stasiun Ledok Ombo. 

"Petugas memeriksa berkala dengan berjalan kaki di titik-titik itu, secara menyeluruh persiapan sudah kita lakukan secara maksimal sehingga kita harapkan bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para calon penumpang yang akan bepergiaan pada lebaran nanti, " jelas Luqman.

Lebih jauh Luqman menjelaskan, selama masa angkutan lebaran, KAI juga menyiapkan petugas tambahan yang akan disiagakan di kawasan perlintasan tanpa palang pintu di wilayah Daop 9 Jember. 

"Untuk meminimalisasi peristiwa kecelakaan di kawasan pintu perlintasan liar yang ada kita juga menyiapkan tambahan petugas sebanyak 27 personel yang akan mengamankan perlintasan liar atau perlintasan tanpa palang pintu yang tersebar di berbagai titik selama berlangsungnya masa angkutan lebaran, " pungkas Luqman.


(ALB)