10 Tahun Puasa, Akhirnya Yusuf Berhaji

Amaluddin    •    Senin, 07 Aug 2017 19:43 WIB
haji 2017
10 Tahun Puasa, Akhirnya Yusuf Berhaji
Yusuf Amiruddin, calhaj asal Banyuwangi. (Mtvn/amal)

Metrotvnews.com, Surabaya: Impian Yusuf Amiruddin, warga Kabupaten Banyuwangi, sedikit lagi terwujud. Laku prihatin yang dia jalankan 10 tahun terakhir akan mengantarkannya ke Tanah Suci.

Sepanjang 10 tahun, pria 55 tahun itu takzim berpuasa tiap hari. "Tapi kalau hari raya dan hari tasyrik tidak puasa," kata Yusuf, saat ditemui di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Senin, 7 Agustus 2017.

Ritual puasa dilakukan Yusuf setelah dirinya mendengar kisah seseorang dari Jawa Tengah yang sukses berangkat haji setelah melakukan puasa rutin setiap hari. Sejak itulah Yusuf melakukan hal serupa. 

Yusuf mulai puasa sejak tahun 2007. "Hanya untuk mendapatkan rida Allah sebagai kunci semua kesuksesan," kata pria yang berprofesi sebagai petani itu.

Selain usaha batin, Yusuf juga mengimbangi dengan usaha dhohir. Ia mengaku menyisihkan uang hasil bertani. Dalam sebulan, dia mendapat Rp2 juta. Sebagian uang tersebut, setelah dipakai kebutuhan sehari-hari, dia tabung untuk mendaftar haji. Yusuf tergabung dalam kelompok terbang 36 Embarkasi Haji Surabaya.

Selain melakoni tirakat puasa, Yusuf juga melakukan ritual unik. Yakni, tidak melakukan potong rambut selama menjalani puasa. "Nanti kalau sudah di sana (Tanah Suci) akan potong rambut," kata Yusuf.


(SAN)