Lebih 10 Ribu Guru di Jatim Ikut Incar Status Bersertifikasi

Amaluddin    •    Rabu, 21 Sep 2016 17:04 WIB
pendidikan
Lebih 10 Ribu Guru di Jatim Ikut Incar Status Bersertifikasi
Sejumlah guru mengamati papan pengumuman uji kompetensi di Malang, MI - Bagus Suryo

Metrotvnews.com, Surabaya: Jawa Timur mendapat kuota guru bersertifikasi sebanyak 5.994 orang pada 2016. Namun hingga berita ini dimuat, Rabu 21 September, jumlah guru yang mendaftar melebihi 10 ribu orang.

Sekretaris II Rayon II Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Ismet Basuki mengatakan pendaftaran berlangsung di tiga kampus di Indonesia. Pendaftaran dilakukan mulai 23 Maret sampai dengan 22 September. 

Sementara ujian berlangsung pada 7 Oktober. Ujian direncanakan berlangsung selama 10 hari. 

Ismet mengatakan UKG bertujuan meningkatkan kualitas guru sebagai pendidik dan pengajar. Salah satu keuntungan guru bersertifikasi yaitu melindungi profesi keguruan dan kualitas pendidikan Indonesia.

Ismet menjelaskan tiga komponen yang menjadi penilaian. Yaitu ujian tertulis, kinerja, dan workshop. 

"Setiap peserta harus lulus tiga komponen itu. Bila ada satu komponen yang tak lulus, mereka diberi kesempatan untuk mengulang kembali," kata Ismet di ruang kerjanya di Surabaya.

Unesa merupakan salah satu lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) yang menyelenggarakan Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 2016. Pelatihan itu merupakan salah satu syarat bagi guru yang hendak mengikuti uji kompetensi guru.

Unesa juga merupakan satu dari dua kampus yang menjadi lokasi pelaksanaan UKG. Satu kampus lain yaitu Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya.



(RRN)