Pemkab Jombang Minta 5 Kabupaten Kembalikan Pinjaman Blangko e-KTP

Nurul Hidayat    •    Kamis, 15 Sep 2016 15:01 WIB
pelayanan e-ktp
Pemkab Jombang Minta 5 Kabupaten Kembalikan Pinjaman Blangko e-KTP
Antrean warga mengurus e-KTP di Kantor Dispendukcapil Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Persediaan stok blangko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menipis. Lantaran itu, Pemerintah Kabupaten Jombang meminta lima kabupaten mengembalikan blangko e-KTP yang dipinjam beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang Hadi Purnama mengaku persediaan blangko e-KTP sebanyak 8.000 lembar. Persediaan itu tak mencukupi jumlah penduduk yang belum memiliki e-KTP yaitu 21.233 orang.

Hadi pun mengingatkan lima kabupaten segera mengembalikan pinjaman blangko e-KTP tersebut ke Jombang. Sebab, Jombang tengah mengebut proses perekaman dan pencetakan e-KTP sebelum tenggat waktu pada akhir September.


(Antrean warga di Kantor Dispendukcapil Jombang untuk dapatkan e-KTP, MTVN - Nurul Hidayat)

Adapun lima kabupaten itu yaitu Blitar, Tuban, Lamongan, Mojokerto, dan Sampang. Sementara enam kabupaten lain sudah mengembalikan pinjaman e-blangko beberapa waktu lalu.

"Rata-rata masing-masing Kabupaten atau Kota itu meminjam satu iner berisi 456 lembar blangko," kata Hadi di ruang kerjanya, Kamis (15/9/2016).

Hadi mengatakan peminjaman blangko sesuai dengan arahan dari Direktorat Jenderal Kependudukan. Peminjaman dilakukan pada Agustus lalu.

Hingga kini, sisa blangko yang ada di Pemkab Jombang sebanyak 8.000 lembar. Hadi memprediksi persediaan itu habis pekan depan.

Hadi mengaku sudah mengajukan penambahan persediaan blangko ke pemerintah pusat. Namun Pemkab Jombang belum mendapatkan jawaban.

Di Jombang, warga yang wajib mengantongi e-KTP yaitu 1,8 juta orang. Jumlah warga yang belum mendapatkan e-KTP sebanyak 21.233 orang.


(RRN)