Perubahan Musim Terjadi, Pemkab di Jatim Diminta Cek Pohon Tua

Amaluddin    •    Selasa, 04 Oct 2016 13:04 WIB
cuaca ekstrem
Perubahan Musim Terjadi, Pemkab di Jatim Diminta Cek Pohon Tua
Awan tebal menyelimuti perairan Sumenep, Ant - Saiful Bahri

Metrotvnews.com, Surabaya: Angin puting beliung bakal terjadi di wilayah Jawa Timur. Itu terjadi lantaran wilayah Jatim sedang memasuki masa perubahan musim kemarau menjadi hujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menyebutkan sejumlah wilayah yang menjadi 'korban' angin puting beliung. Beberapa di antaranya Kabupaten Nganjuk, Kediri, Mojokerto, dan Jombang.

"Biasanya angin puting beliung terjadi di daerah yang kurang direboisasi," kata Kepala BPBD Jatim Sudharmawan di Surabaya, Selasa (4/10/2016).

Selain itu, BPBD pun mengantisipasi dampak dari hujan deras. Sudharmawan mengakui curah hujan pada Oktober lebih tinggi ketimbang September. Curah hujan mencapai 300 hingga 500 milimeter.

"Tingginya curah hujan, otomatis akan disertai angin kencang dan petir. Kondisi ini akan terjadi hingga Januari, awal tahun 2017 mendatang," kata Dharmawan.

Lantaran itu, BPBD mengirimkan surat edaran berisi peringatan dini dari potensi bencana itu. Ia meminta pemerintah kabupaten dan kota mengecek baliho dan pohon tua yang dapat tumbang akibat terjangan angin kencang.



(RRN)