Empat Pelaku Pungli di Jombang Ditangkap Polisi

Nurul Hidayat    •    Jumat, 17 Mar 2017 18:40 WIB
pungli
Empat Pelaku Pungli di Jombang Ditangkap Polisi
Pelaku yang berhasil diamankan oleh tim saber pungli jombang.

Metrotvnews.com, Jombang: Tim Saber pungli Kabupaten Jombang Jawa Timur menangkap empat orang pelaku pungutan liar dalam operasi tangkap tangan (OTT). Keempatnya ditangkap dari tiga kasus berbeda.

Kasatgas Tim Saber Pungli Kabupaten Jombang, AKP Wahyu Norman Hidayat, merinci, empat pelaku yakni HS oknum pegawai di Dinas Pasar Ploso, TR oknum pegawai di Dinas Pasar Tunggorono serta SS Dan AS oknum LSM Komisi Pengawasan Korupsi.

"Untuk untuk dua oknum LSM KPK tersebut kita tangkap di salah satu rumah makan di Jombang saat melakukan transaksi penerimaan uang dari salah satu kepala desa," kata Wahyu, Jumat 17 Maret 2017. 

Menurut Wahyu, Dari keempat pelaku polisi menyita uang tunai sebanyak Rp1,4 juta serta berkas-berkas lainnya."Saat ini masih harus kita lakukan pengembangan terhadap kasus-kasus yang sedang kami tangani," imbuhya.

Para pelaku dijerat Undang Undang Korupsi Nomor 31 tentang Tindak pidana Korupsi dengan acaman hukuman hukuman maksimal 20 tahun dan denda paling banyak Rp1 milyar, dan untuk oknum LSM KPK akan dijerat dengan pasal 368 KUHP ancaman hukuman 9 bulan penjara.

"Karena dari gelar perkara ditemukan unsur pemerasan yang dilakukan oleh kedua oknum LSM KPK tersebut," ujar Wahyu.

Wahyu mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Jombang apabila menemui praktik-praktik pungli yang ada di wilayahnya harap segera melaporkan ke tim Saber pungli Jombang.


(ALB)