Cara Gus Ipul Membangkitkan Potensi Wisata di Pulau Bawean

Amaluddin    •    Rabu, 19 Oct 2016 08:52 WIB
pariwisata daerah
Cara Gus Ipul Membangkitkan Potensi Wisata di Pulau Bawean
Gus Ipul saat Deklarasi Bawean di pendopo Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa 18 Oktober 2016. (Metrotvnews.com/Amal).

Metrotvnews.com, Gresik: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf punya cara sendiri dalam membangkitkan potensi wisata di Jawa Timur, salah satunya di Pulau Bawean. Bersama Wakil Bupati Gresik M. Qosim, Saifullah menggelar Deklarasi Bawean.

"Banyak potensi wisata di Bawean yang belum dikembangkan dengan baik. Untuk itu pemerintah ingin membangkitkannya melalui Festival Bawean," kata Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di hadapan masyarakat saat kunjungan kerja ke Pulau Bawean, Selasa (18/10/2016).

Pria yang akrab disapa Gus Ipul ini mengatakan, potensi wisata alam di Pulau Bawean belum banyak dikenal masyrakat, baik nasional maupun internasional. Melalui Festival Bawean, Gus Ipul menilai, potensi wisata alam yang masih asri akan mulai dikenal masyarakat.

Festival Bawean, kata dia, dapat diisi oleh beragam keunggulan potensi wisata alam, misalnya hasil laut seperti ratusan jenis ikan hingga lobster berukuran besar, selain mensinergikan kearifan lokal dan budaya asli masyarakat.

"Salah satu bentuk kegiatan yang bisa di manfaatkan salah satunya lomba menghias kapal hingga lomba kreatif bidang kelautan dan perikanan," katanya.

Pemerintah, lanjut Gus Ipul telah menunjukkan komitmennya yakni telah dibukanya bandara udara Harun Thohir sebagai salah satu akses bagi wisatawan.

"Kita bersama Pemkab Gresik akan membuat kegiatan dengan menggerakkan seluruh keunggulan potensi-potensi Bawean agar masyarakat semakin maju. Jika Bawean maju, masyarakat sejahtera," ungkap Gus Ipul.

Sebagai komitmen pemerintah untuk memajukan potensi wisata di Pulau Bawean, Gus Ipul mengeluarkan deklarasi. Berikut isi Deklarasi Bawean.

1. Seluruh elemen masyarakat siap bersama-sama memajukan Bawean sebagai bagian dari Jawa Timur Makmur.

2. Semua elemen masyarakat sepakat menggunakan cara gotong-royong untuk mencapai kemajuan Bawean. 

3. Berjuang bersama mewujudkan pelayanan dasar bidang kesehatan dan pendidikan sesuai dengan kebutuhan.

4. Semua elemen masyarakat siap bersama-sama menjadikan Bawean sebagai tujuan wisata syariah alam dan pantai dengan akses transportasi yang memadai.

5. Bertekad membangun infrastruktur pendukung yang menghubungkan antar tujuan wisata alam dan pantai yang mensejahterakan masyarakat.

Deklarasi tersebut ditandatangani oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Wakil Bupati Gresik, Camat Sangkapura dan Tambak, Perwakilan Polisi, Danramil, Ulama, Nelayan, Pedagang, Petani dan tokoh perempuan Bawean.



(MEL)