14 Daerah di Jatim Tertipu Pegawai KPK Gadungan

Amaluddin    •    Jumat, 04 Nov 2016 13:47 WIB
penipuan
14 Daerah di Jatim Tertipu Pegawai KPK Gadungan
Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Foto: Metrotvnews.com/Amal

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginformasikan ada 14 kabupaten/kota di Jawa Timur yang tertipu oleh kiprah pegawai KPK gadungan.

"Jadi, KPK meminta kami bersama stakeholder dan pemda di seluruh Jatim menyosialisasikan agar waspada terhadap KPK bodong di Jatim," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo), di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (4/11/2016). 

Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK, Ranu Wiharya, menemui Karwo dan Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji bersama sejumlah bupati dan wali kota se-Jatim. Kedatangan perwakilan KPK itu untuk memberi kabar ada 14 Kabupaten/Kota di Jatim yang ditipu KPK gadungan. 

Karwo, berdasarkan keterangan Ranu, mengatakan KPK gadungan ini telah mendatangi desa-desa di Jatim. Modusnya, mereka meminta uang ke kepala desa dengan dalih telah bekerja sama dengan KPK. Mereka memanfaatkan momen masuknya dana desa dari pemerintah pusat.

"Tadi KPK menyampaikan secara detail, termasuk alamatnya (KPK gadungan). Akhir-akhir ini juga marak polisi gadungan, jaksa gadungan, hingga KPK gadungan," kata Karwo. 

KPK gadungan disebut menggunakan segala cara agar menyakinkan korbannya. Beberapa oknum bahkan memiliki surat perjanjian palsu dengan KPK. Beberapa personelnya juga dilengkapi kartu identitas seolah mendapat mandat langsung dari KPK. 

"Pegawai KPK itu tidak punya kartu anggota. Tidak mengadakan perjanjian atau yang lain. Malah yang menggunakan identitas diri dengan menunjukkan sebagai KPK itu gadungan," katanya.


(UWA)