Hari Santri Nasional, Puluhan Ribu Santri Jombang Tumplak ke Jalan

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 22 Oct 2016 13:28 WIB
hari santri nasional
Hari Santri Nasional, Puluhan Ribu Santri Jombang Tumplak ke Jalan
Suasana kirab hari santri di Kabupaten Jombang. Foto: Metrotvnews.com/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Puluhan ribu santri dari seluruh pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengikuti kirab Hari Santri Nasional (HSN) yang diselenggarakan di sana sejak Sabtu pagi 22 Oktober 2016.

Pantauan di lokasi, sebelum melakukan kirab, para santri berkumpul di Alun-alun Jombang untuk mengikuti apel yang dipimpin Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko. Pelajar di bawah naungan Kementerian Agama juga menjadi peserta apel.

"Selamat hari santri bagi seluruh santri, khususnya warga Kota Santri, Jombang. Peran santri dalam membangun negeri ini sangat besar. Karena santri juga ikut berjuang mengusir penjajah," ujar Nyono Suharli dalam sambutannya.

Dalam apel yang juga dihadiri oleh Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang Ini, Nyono berpesan agar para santri meneladani para pendahulu mereka yang gigih membela dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Setelah apel, para santri berjalan melakukan kirab menempuh jarak dari Alun-alun Kabupaten Jombang menuju Stadion Merdeka yang berjarak dua kilometer. Rombongan santri melintasi Jalan Diponegoro-Jalan K.H. Wahid Hasim dan jalan K.H. Abdurahman Wahid.

Kirab santri yang diselenggarakan di Kabupaten Jombang juga dimeriahkan parade drum band beberapa sekolah agama. Tepat pukul 11.00 WIB, seluruh peserta kirab sudah memasuki Stadion Jombang.

 


(UWA)