Hari Pahlawan Berlalu, Makam Bung Tomo Tetap Ramai

Amaluddin    •    Jumat, 11 Nov 2016 17:16 WIB
hari pahlawan
Hari Pahlawan Berlalu, Makam Bung Tomo Tetap Ramai
Puluhan mahasiswa ziarah ke makam Bung Tomo, di tempat pemakaman umum (TPU), Jalan Ngagel, Surabaya. Foto: Metrotvnews.com/Amal

Metrotvnews.com, Surabaya: ‎Sehari setelah Hari Pahlawan, makam Bung Tomo, di tempat pemakaman umum (TPU) di Jalan Ngagel Surabaya, Jawa Timur, terus didatangi pengunjung. Pengunjung datang dari dalam dan luar Surabaya.

"Ada yang dari Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Bandung, banyak," kata Suroto, 53, salah satu pensiunan petugas kebersihan makam, di area makam Bung Tomo, Jumat (11/11/2016).

Menurutnya, pengunjung yang datang berasal dari berbagai kalangan. Mulai masyarakat biasa, pejabat, mahasiswa, bahkan komunitas sepeda motor.

"Setiap 10 November, biasanya komunitas Vespa, Harley Davidson, mahasiswa, dan lainnya. Tak pernah absen ziarah ke makan Bung Tomo," ujarnya.

Hari ini puluhan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi datang berziarah ke makam Bung Tomo. Mereka datang untuk berdoa. Sesaat setelah itu, mereka menaburkan bunga di atas makam dan menyingkirkan daun-daun.

"Selain ingin mendoakan beliau, kami ingin mengenang jasa dan perjuangan Bung Tomo," kata Zulfikar, salah seorang mahasiswa.

Selain mahasiswa, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta‎, Djarot Saiful Hidayat, dijadwalkan berziarah ke makam Bung Tomo.


(UWA)