Banjir Lumpuhkan Jalur Utama Sampang

Amaluddin    •    Rabu, 12 Oct 2016 18:03 WIB
banjir
Banjir Lumpuhkan Jalur Utama Sampang
Sampang kembali banjir akibat meluapnya Sungai Kemuning. Foto: BPBD Sampang

Metrotvnews.com, Surabaya: Jalur utama yang menghubungkan pusat kota Kabupaten Sampang dengan Kecamatan Omben dan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, ditutup. Hal itu disebabkan banjir yang merendam sejumlah desa, kelurahan, dan ruas jalan di Kabupaten Sampang.

"Saat ini jalan utama ditutup dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat karena tingginya genangan air. Kendaraan dari Pamekasan menuju Sampang dialihkan ke Jalan Syamsul Arifin," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Sudharmawan, Rabu (12/10/2016).

Jalan yang terendam banjir di Kelurahan Dalpenang di antaranya Jalan Panglima Sudirman, Imam Bonjol, Wahid Hasyim, Bahagia, Melati, Cempaka, Teratai, Mawar, K.H. Hasyim Asyari, dan Jalan Kenanga dengan ketinggian air rata-rata 80 hingga 140 sentimeter.

Begitu pula dengan ruas jalan di Kelurahan Karang Delem dan Kelurahan Rongtengah, yakni kawan Monumen Trunojowo, Jalan Trunojoyo, Merapi, Bahagia, Kenari, Delima, dan Ajigunung. 

"Sebaiknya masyarakat yang hendak menuju ke Surabaya dan sebaliknya menggunakan jalur alternatif yaitu Jalan Samsul Arifin dengan kondisi padat merayap," katanya.

Banjir di Sampang terjadi karena meluapnya Sungai Kemuning setelah diguyur hujan deras dua hari lalu. Genangan air yang merendam Sampang lama surut karena kondisi air laut pasang. 
 
"Prediksi kami air akan sekitar pukul 17.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB malam ini," kata Sudharmawan.

 


(UWA)