Kuda-kuda Atap RSAL Dr Ramelan Diduga Lemah

Amaluddin    •    Minggu, 18 Mar 2018 18:59 WIB
proyek rumah sakit
Kuda-kuda Atap RSAL Dr Ramelan Diduga Lemah
Atap salah satu ruangan di gedung Paviliun VII RSAL Dr Ramelan, Surabaya, Jawa Timur, yang ambruk pada Minggu, 18 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Atap salah satu ruang di Pavilium VII RSAL Dr Raleman, Surabaya, Jawa Timur, diduga sementara rubuh karena kuda-kuda tak kuat. Dugaan ini dilontarkan Puji, salah satu pekerja renovasi yang menyelesaikan pekerjaanya tiga bulan lalu.

"Kalau menurut saya pondasi atapnya atau kuda-kudanya kurang kuat, sehingga tak mampu menahan beban dan akhirnya ambruk," kata Puji saat berbincang dengan Medcom.id, di RSAL Surabaya, Minggu, 18 Maret 2018.

Puji memasang genteng di ruangan Kamar 3, Kelas II, Ruang VII Saraf, RSAL Dr Ramelan. Namun, dia tak dapat memastikan hal ini sudah ada pembagian tugas renovasi.

"Saya bertugas memasang genteng, bukan bertugas memasang pondasi atau kuda-kuda atap," katanya.

Kepala RSAL Dr Ramelan Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr IDG Nalendra Djaya Iswara berpendapat sama. Ia menduga ambruknya atap tersebut ambruk karena tidak kuat menahan hujan deras yang terjadi akhir-akhir ini.

"Mungkin karena hujan lebat, sehingga tiba-tiba atap roboh," ujarnya.

Ruangan baru direnovasi tiga bulan lalu. Bangunan tua tersebut sebelumnya menggunakan rangka kayu dan kemudian diganti rangka galvalum, atau baja ringan.

"Harusnya galvalum lebih kuat," katanya dengan nada heran.

Karena itu, Nalendra mengaku akan mempercepat investigasi terkait insiden ini. Pihaknya akan mencari akar permasalahan yang menyebabkan enam orang terluka.

"Kita pasti mengabarkan setelah hasil investigasi selesai," katanya.


(SUR)