Kejari Bangkalan Musnahkan Barang Bukti dari 205 Kasus

Rahmatullah    •    Rabu, 06 Dec 2017 18:30 WIB
barang bukti
Kejari Bangkalan Musnahkan Barang Bukti dari 205 Kasus
Pemusnahan barang bukti kejahatan di Kejari Bangkalan - Medcom.id/ Rahmatullah

Bangkalan: Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan, Jawa Timur, memusnahkan barang bukti dari perkara tindak 205 kasus yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Pemusnahan barang bukti itu menjadi tugas Kejaksaan selaku eksekutor. 

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bangkalan, Riono Budi Santoso memerinci barang bukti yang dimusnahkan yaitu, 500 gram sabu dan 139 pil ekstasi dari 153 kasus. 37 senjata tajam berupa celurit dan parang dengan cara di potong-potong memakai gerinda dari 37 kasus. Untuk kasus judi, Kejari Bangkalan mengungkap 15 kasus. Kejari juga memusnahkan telepon genggam dari kasus narkoba dan judi.

"Barang bukti (BB) yang dimusnahkan di antaranya sabu sabu (SS), ekstasi, sajam, ponsel, dan pakaian dengan cara di bakar, sajamnya kami potong pakai gerinda," paparnya. 

Menurut dia, pemusnahan barang bukti dari perkara yang sudah inkrah menjadi tugas Kejaksaan selaku eksekutor. Namun dia mengaku sebagian barang bukti berupa sabu-sabu dimusnahkan di Polda Jawa Timur. 

"Kalau sabu-sabu yang 1 kilo itu sudah dimusnahkan di Polda, karena berdasarkan dengan pasal 45 KUHAP untuk barang-barang yang dilarang diedarkan itu boleh dimusnahkan terlebih dahulu, jadi yang dimusnahkan ini cuma sebagin dari barang bukti itu," pungkasnya.


(ALB)