BPBD Jombang Bentuk Tim Siaga Longsor

Nurul Hidayat    •    Senin, 09 Oct 2017 11:55 WIB
tanah longsor
BPBD Jombang Bentuk Tim Siaga Longsor
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jombang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang membentuk Tim Siaga Bencana Longsor. Tim ini bertugas melakukan survei daerah rawan bencana longsor di Kabupaten Jombang.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang Gunadi menjelaskan, tim yang dibentuk beranggotakan petugas BPBD Kabupaten Jombang. Mereka akan berkerjasama dengan pemerintah desa serta Perhutani Kabupaten Jombang untuk memantau kawasan rawan longsor.

"Perangkat desa dan Perhutani sudah kita imbau untuk berkerjasama dengan anggota kita di lapangan," kata Gunadi di kantornya, Jalan K.H. Wahid Hasym, Jombang, Jawa Timur, Senin 9 Oktober 2017.

Menurut Gunadi, daerah rawan longsor di Kabupaten Jombang di antaranya Kecamatan Wonosalam, Bareng, dan Kecamatan Kabuh. "Saat ini, Kecamatan Wonosalam dan Bareng menjadi perhatian khusus BPBD karena sering terjadi longsor," tambahnya.

Gunadi megatakan, sangat mungkin terjadi longsor saat awal musim hujan. Sebab, tanah kering yang diguyur hujan dapat menimbulkan retakan hingga terjadi longsor.


(NIN)