Gus Ipul Sebut Bisnis Kopi Menguntungkan

Syaikhul Hadi    •    Jumat, 23 Mar 2018 18:33 WIB
pilgub jatim 2018
Gus Ipul Sebut Bisnis Kopi Menguntungkan
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Syaifullah Yusuf, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul berkomitmen mengembangkan produksi kopi lokal. Menurutnya, produksi kopi menimbulkan efek domino positif. Bukan hanya perusahaan, petani dan disributor pun mendapat untung.

Jumat siang, 23 Maret 2018, Gus Ipul mengunjungi pabrik kopi kemasan di Jalan Raya Gilang, Kecamatan Taman Sidoarjo. Gus Ipul bertemu dengan direksi di perusahaan tersebut.

Gus Ipul juga menyaksikan proses produksi kopi, mulai dari bibit hingga menjadi kemasan instan. Gus Ipul pun berbincang dengan buruh di perusahaan tersebut.

"Jadi prosesnya mulai dari pemilihan kopi, pengolahan, pengemasan, hingga distribusi," ujar Komisaris PT Santos Jaya Abadi, Christeven Mergonoto, kepada Gus Ipul.

Menurut Christeven, 95 persen bahan baku di perusahaannya berasal dari lokal, yaitu Jatim, Lampung, dan Aceh. Sisanya berasal dari Jamaika dan Brasil.

Christeven mengaku memperbesar produksi dan memperbanyak varian untuk mengurangi impor. Misalnya memproduksi krimer. Biasanya krimer didatangkan dari Belanda.

"Kini kami bisa memproduksi krimer sendiri," terang Christeven.

Gus Ipul mengaku bangga dengan keberadaan perusahaan yang beroperasi dengan baik tersebut. Apalagi, perusahaan itu sudah lama berdiri dan merambah pasar internasional.

"Salah satu yang membuat Jawa Timur maju adalah perusahaan seperti ini. Apalagi, mayoritas bahan bakunya masih menggunakan produk lokal. Perusahaan yang memperkerjakan ribuan karyawan ini harus terus dikawal," tandasnya


(RRN)