Paskhas Kalahkan Rekor Terjung Payung Kopassus

Daviq Umar Al Faruq    •    Kamis, 29 Mar 2018 14:50 WIB
rekor muri
Paskhas Kalahkan Rekor Terjung Payung Kopassus
Detasemen Matra 2 Paskhas TNI AU memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada kategori terjun payung dengan mengibarkan bendera Merah Putih terbesar, Rabu, 28 Maret 2018. Foto: Medcom.id/DAVIQ UMAR AL FARUQ

Malang: Detasemen Matra 2 Paskhas TNI AU memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada kategori terjun payung dengan mengibarkan bendera Merah Putih terbesar, Rabu, 28 Maret 2018. Mereka mengalahkan rekor yang pernah dicetak Kopassus TNI AD.

Rekor terbaru yang mereka cetak yakni terjun payung dari ketinggian 10.000 kaki dengan membawa bendera berukuran 23,3x35,5 meter. Sedangkan rekor Kopassus pada 10 April 2016 berupa terjun payung dengan bendera Merah Putih berukuran 22,25x33,25 meter dari ketinggian 8.000 kaki.

Penerjunan ini dipimpin langsung oleh Komandan Detasemen Matra 2 Paskhas Letkol Pas Helmi Ardiyanto Nange.

"Pemecahan rekor MURI ini merupakan kado ulang tahun ke-72 TNI Angkatan Udara dari Korpaskhas, khususnya Detasemen Matra 2 Paskhas," kata Helmi dalam sambutannya.


Detasemen Matra 2 Paskhas TNI AU memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada kategori terjun payung dengan mengibarkan bendera Merah Putih terbesar, Rabu, 28 Maret 2018. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Penerjunan dengan mengibarkan bendera Merah Putih seberat 90 kilogram ini berlangsung sekitar 10 menit di udara. Penerjunan dilakukan oleh penerjun terbaik Denmatra 2 Paskhas Serka Sriyanto yang telah memiliki 3.000 jam terbang.

Sriyanto terjun dari Pesawat Hercules C130 A-1316 bersama 20 penerjun dokumentasi. Rekor ini pun diganjar pengahargaan Museum Rekor Indonesia. Senior Manager MURI Yusuf Ngadri mengaku kagum saat seluruh penerjun sukses mendarat mulus di grass trip run way pararel Lanud Abdulrahman Saleh.

"Setelah mendarat, bendera Merah Putih langsung dibentangkan untuk diukur serta diverifikasi dan dinyatakan telah memecahkan rekor sebelumnya," katanya.

Pemecahan rekor MURI ini disaksikan langsung oleh Komandan Lanud Abdulrahman Saleh Kolonel Pnb Andi Wijaya, Danwing 2 Udara Lanud Abdulrahman Saleh Kolonel Meka Yudanto, Kadis Ops Lanud Abdulrahman Saleh Kolonel Pnb Reza R Sastranegara, Kolonel Pas Joko Prasetyo perwakilan dari Korpaskhas, dan Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto.

 


(SUR)