Polres Malang Sebar Intel di Pasar

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 30 Apr 2018 16:55 WIB
pangan
Polres Malang Sebar Intel di Pasar
Rakor Satgas Pangan Polres Malang. (Medcom.id/Daviq U)

Malang: Mengantisipasi kenaikan harga pangan jelang Ramadan, Polres Malang menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Satgas Pangan Kabupaten Malang. Rakor digelar juga untuk mengantisipasi permainan kartel. 

"Pelaksanaan operasi pasar akan dilakukan oleh intel untuk cek tentang sembilan bahan pokok pangan. Apabila ada sinyal harga naik 10 persen, maka segera cari dan cek penyebabnya," kata Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung di Aula Rupatama Polres Malang, Senin, 30 April 2018. 

Ujung menambahkan, selain mengantisipasi kenaikan harga dan permainan kartel. Satgas Pangan juga mengantisipasi penggunaan pestisida di beras yang bisa membahayakan kesehatan. 

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan operasi gabungan dengan Badan Pengawas Obat Makanan dan pemegang kepentingan terkait untuk mengawasi peredaran makanan dan minuman kedaluwarsa. 

"Rakor ini digelar agar kebutuhan mulai sembako, elpiji dan lain-lain berjalan normatif. Antisipasi yang dilakukan berupa upaya pencegahan, sosialisasi dan upaya penindakan secara penegakan hukum," bebernya.

Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Andrian Wimbarda mengatakan, pihaknya bakal menyiapkan semua komponen satgas pangan yang terlibat. Upaya ini dilakukan mengacu pada kinerja tim pada tahun 2017 lalu.

"Kami mohon data dari Bulog dan Dinas Perdagangan tentang HET dipasaran, guna mengantisipasi kenaikan harga. Saat ini kami melakukan operasi elpiji dan berhasil menangkap pemilik pribadi dan berupa pangkalan serta menyita 700 elpiji 3 kilogram," pungkasnya.

Rakor ini juga diikuti oleh perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Malang, Bulog Malang dan Dinas Perizinan dan Terpadu Kabupaten Malang.



(LDS)