Pedagang Minta Pemerintah tak Impor Bahan Pangan

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Senin, 15 May 2017 18:53 WIB
bahan pokok
Pedagang Minta Pemerintah tak Impor Bahan Pangan
Eni menunjukkan stok bawangnya di Pasar Keputran Surabaya, MTVN - MK Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Pedagang bahan pangan di Surabaya, Jawa Timur, menduga penurunan harga terjadi sebagai imbas impor. Sebab, beberapa komoditas seperti bawang merah dan bawang putih sempat didatangkan dari luar negeri.

"Karena ada pasokan bawang merah dan bawang putih dari luar negeri. Ada yang dari Thailand dan Vietnam," kata Eni, 75, pedagang di Pasar Keputran, Kota Surabaya, Senin, 15 Mei 2017.

Menurut Eni, jika ada barang yang datang dari luar negeri, dipastikan harga bahan pokok dari dalam negeri anjlok. Sebab, pasokan dari luar negeri itu dijual di pasaran di bawah harga lokal.

"Kalau bawang merah dan bawang putih yang bagus di sini, ya, dari Probolinggo itu. Ada juga yang dari Nganjuk," ungkapnya.

Masrukin, 57, pedagang lainnya di Pasar Keputran mengatakan memang ada informasi barang datang dari luar negeri. Namun, sampai saat ini dirinya belum mendapatkan pasokan dari luar negeri itu.

"Meskipun begitu, kalau di pasar sini belum ada tapi di pasar lain ada, ya, kita harus menurunkan harga. Tidak laku soalnya kalau kita pakai harga beli seperti di awal," ungkapnya.

Masrukin berharap, pemerintah melakukan pengawasan harga bahan pokok agar bisa stabil. Apalagi, ini menjelang bulan Ramadan yang biasanya sejumlah bahan pokok naik cepat.

"Kalau perlu tidak usah pakai impor-impor lah. Cukup memberdayakan petani lokal saja. Pemerintah harus melarang impor. Saya yakin pasokan dalam negeri cukup memenuhi pasar," sambung bapak dua anak itu.


(RRN)