Pilkada Jatim

KPU Jatim Kerahkan Tim Relawan Sosialisasi Pilkada 2018

Amaluddin    •    Minggu, 03 Sep 2017 15:18 WIB
pilkada 2018
KPU Jatim Kerahkan Tim Relawan Sosialisasi Pilkada 2018
Logo KPU, Ant - Rudi Mulya

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur membentuk puluhan tim relawan demokrasi. Ini dilakukan sebagai bentuk persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar di 18 kabupaten/kota Jatim pada 27 Juni 2018 mendatang.

"Relawan demokrasi ini jumlahnya 30 orang. Mereka yang nantinya akan membantu KPU sosialisasi, guna meningkatkan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” kata Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam, dikonfirmasi, Minggu, 3 September 2017.

Menurut Anam, puluhan relawan demokrasi ini terdiri dari lima segmen. Yaitu pemilih pemula, pemilih disabilitas, pemilih perempuan, pemilih marjinal dan pemilih dengan basis keagamaan.

Tak hanya itu, KPU Jmembentuk 'Rumah Pintar Pemilu' di 18 Kab/Kota yang akan menggelar Pilkada Serentak 2018. Selain itu, kata Anam, KPU Jatim juga menjalin kerjasama dengan ormas, kemahasiswaan, keagamaan, serta pemangku kebijakan. 

"Prinsipnya, ini semua senantiasa mengundang dan mengajak masyarakat secara aktif untuk belajar tentang kepemiluan," katanya.

KPU Jatim, lanjut Anam, juga memaksimalkan pendekatan sosial dan budaya pada tahapan sosialisasi. Ini dilakukan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya. 


(RRN)