Bus Restu Nyemplung Sawah di Jombang, Satu Orang Tewas

Nurul Hidayat    •    Sabtu, 01 Jul 2017 14:20 WIB
kecelakaan bus
Bus Restu <i>Nyemplung</i> Sawah di Jombang, Satu Orang Tewas
kecelakaan bus dijalur ring road Mojoagung, Jombang --MTV/Nurul--

Metrotvnews.com, Jombang: Sebuah Bus Restu tujuan Surabaya-Madiun, 'terjun bebas' ke areal persawahan, di Jalur Ring Road Mojoagung tepatnya di Desa Dukuhdimoro Kecamatan Mojoagung, Jombang, Sabtu 1 Juli 2017. Akibatnya kejadian nahas itu, satu penumpang dikabarkan tewas dan puluhan lainnya menderita luka-luka.

"Kondisi bus sepertinya sudah mengalami gangguan pengereman, karena sejak keluar dari Terminal Purbaya sebelum masuk ke Mojoagung hampir menabrak tiga kali," ujar salah satu penumpang bus Restu, Sofiu, 24 di lokasi.

Menurut Sofiu, kondisi bus tidak terlalu penuh penumpang. Bahkan beberapa bangku penumpang di sisi belakang bus tampak kosong.

Terpisah, Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto mengatakan, informasi sementara bus seharusnya tidak masuk ke dalam ringroad, karena jalur tersebut diperuntukkan bagi arus balik yakni dari Barat ke Timur, bukan sebaliknya.

Polisi juga mendapatkan informasi sopir mengemudikan bus ugal-ugalan. Bahkan bus bernopol N 7721 UG itu menerobos barikade yang sudah dibuat di pintu timur ringroad.

"Dengan harapan bisa sampai di tujuan dengan cepat, namun saat lepas di pintu masuk saat belokan tajam bus lepas kendali dan masuk area persawahan," jelasnya.


Kejadian berjarak 200 meter dari pintu masuk Ringroad Timur, tampak bus Restu berada di tengah persawahan.

Agung menambahkan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan terhadap jumlah korban. Polisi juga memburu sopir dan kernet bus yang saat ini tidak diketahui keberadaannya.

"Saat ini anggota sedang melakukan pengecekan di PO Bus yang bersangkutan," pungkasnya.

Data yang dihimpun Metrotvnews.com jumlah penumpang saat ini yang terdata ada 49 penumpang. Penumpang yang mengalami luka-luka dirujuk ke Puskesmas Miagan Mojoagung, Pusat Kesehatan Umum Muhammadiyah Mojoagung, dan RSUD Kabupaten Jombang. Sedangkan untuk korban meninggal saat ini sudah berada di kamar jenazah RSUD Kabupaten Jombang.


(ALB)