Indahnya Keberagaman Malang di Bulan Ramadan

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 22 May 2018 19:55 WIB
Ramadan 2018
Indahnya Keberagaman Malang di Bulan Ramadan
Sejumlah umat islam mengantre makanan untuk berbuka puasa di Vihara Sanggar Suci, Lawang, Malang, Jawa Timur, Selasa 22 Mei 2018. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Malang: Toleransi antarumat beragama semakin terasa saat bulan Ramadan tiba. Hal itu terlihat saat gelaran buka puasa bersama di Vihara Sanggar Suci, Lawang, Malang, Selasa, 22 Mei 2018.

Setiap tahunnya, Vihara Sanggar Suci menyediakan makanan gratis untuk berbuka puasa. Makanan gratis ini diberikan kepada siapa pun yang datang ke vihara untuk membatalkan puasa.

Sejak pukul 16.00 WIB, puluhan orang telah mengantre makanan di salah satu bangunan vihara. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa tampak sabar menunggu makanan dibagikan saat azan Magrib.

Makanan yang disediakan oleh pihak vihara kali ini adalah soto daging dengan sambal petis, kerupuk dan teh hangat. Ratusan porsi makanan ini dibagikan oleh umat Buddha dari Paguyuban Metta Lawang.

Rohaniawan Vihara Sanggar Suci Winantea Listiahadi mengatakan, vihara memang selalu menyediakan makanan untuk buka puasa di setiap bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan sejak 1998 silam.

"Kegiatan buka bersama ini adalah sebuah bentuk silaturahmi, toleransi kemanusiaan, berbagi bersama, menumbuhkan cinta dan kasih perdamaian," katanya di sela-sela membagikan makanan.

Vihara ini mulai menyediakan buka bersama pada tahun 1998 lalu karena saat itu Indonesia tengah dilanda krisis moneter. Kondisi tersebut menyebabkan harga sejumlah bahan pokok naik.

Oleh karena itu, umat Buddha di Lawang pun kemudian berinsiatif untuk menyediakan makanan gratis bagi umat muslim yang hendak berbuka puasa. Tradisi itu pun dipertahankan hingga kini.

Salah satu warga sekitar, Rupiah, mengaku selalu menyempatkan diri untuk berbuka bersama di Vihara Sanggar Suci setiap tahunnya. Biasanya dia datang dengan mengajak kedua anaknya.

"Saya berharap kegiatan buka puasa bersama diaini ada setiap tahunnya," ungkapnya.


 


(SUR)