Empat Warga Tewas Keracunan Asap Pompa Air

Rahmatullah    •    Jumat, 13 Apr 2018 10:34 WIB
keracunan
Empat Warga Tewas Keracunan Asap Pompa Air
Ilustrasi tempat kejadian perkara, Ant

Sumenep: Empat warga tewas di dalam sebuah sumur di Desa Badur, Kecamatan Batu Putih, Sumenep, Jawa Timur, Kamis, 12 April 2018. Sumur yang sempit dan keterbatasan alat mempersulit evakuasi.

Kepala Badan Penanggulangan Benca aDaerah (BPBD) Sumenep Abd Rahman Riadi mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, Kamis, 12 April 2018. Peristiwa itu terjadi saat keempat warga memompa air di sumut.

"Awalnya hanya satu korban, Tosan, tercebur ke sumur lantaran tak sengaja menghirup asap pompa air," kata Rahman.

Tiga warga lain berusaha menolong Tosan. Tapi, ketiganya yaitu Sugiyanto, Junaidi, dan Sumahbi, ikut tercebur. Ketiganya tak bisa kembali ke permukaan. Mereka lemas lantaran keracunan asap pompa.

Rahman mengaku alat evakuasi terbatas. Ia tak punya tabung oksigen dan alat selam.

Ubay Sabaro, warga setempat, mengatakan Tosan bermaksud mengalirkan air ke sawah yang tak jauh dari lokasi. Pompa dimasukkan ke dalam sumur dalam kondisi menyala. 

Asap muncul dari dalam sumur. Tosan bermaksud memperbaiki posisi selang ke air.

"Tapi Tosan malah pingsan, tak bisa bernapas, lalu tercebur. Tiga warga lain berusaha menolong malah ikut keracunan," ujar Ubay.

Warga lain berdatangan tapi mereka tak bisa membantu. Sumur tersebut berkedalaman kurang lebih 15 meter dan lebar 1 meter.


(RRN)