Kepala Daerah di Jatim Didesak Terapkan E-budgeting

Amaluddin    •    Senin, 21 Aug 2017 16:44 WIB
pemerintahan
Kepala Daerah di Jatim Didesak Terapkan E-budgeting
Gubernur Jatim melantik Sugeng Rismiyanto sebagai Wali Kota Madiun, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: E-budgeting atau pengelolaan anggaran secara elektronik dinilai efektif untuk menjaga akuntabilitas anggaran pemerintah daerah. Lantaran itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendesak kepala daerah serius memanfaatkan e-budgeting.

Soekarwo menyampaikan itu usai melantik Wali Kota Madiun Sugeng Rismianto yang menggantikan Bambang Irianto. Pelantikan berlangsung di Kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya, Senin 21 Agustus 2017.

"E-budgeting harus dilakukan secara serius. Jadi saat Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dilakukan, dokumen anggaran yang diajukan sudah mencantumkan nama, alamat, dan rencana anggarannya secara rinci," kata Soekarwo.

Melalui e-budgeting, Soekarwo mengatakan, tak akan ada lagi perubahan anggaran setelah KUA-PPAS dijalankan. Sebab KUA-PPAS menjadi pedoman dalam penyusunan APBD. Lantaran itu, Soekarwo meminta pemerintah daerah melengkapi beberapa poin terkait penggunaan anggaran. 

Pelantikan Wali Kota Madiun

Gubernur melantik Sugeng Rismiyanto sebagai Wali Kota Madiun. Sugeng resmi menggantikan Bambang Irianto yang mengundurkan diri setelah menjadi tersangka dugaan kasus gratifikasi yang kini ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Selamat kepada Wali Kota Madiun dan jalankan roda pemerintahan dengan maksimal," ujar Soekarwo.

Sebelumnya, Sugeng menjabat sebagai Wakil Wali Kota Madiun. Dalam Pilkada Kota Madiun 2013, pasangan Bambang-Sugeng memenangkan pemilihan.

Keduanya meraih 48.546 atau 49,4 persen suara dalam pilkada tersebut. Total suara yang berpartisipasi dalam pemilihan yaitu 98.369 suara.

Usai dilantik, Sugeng menyatakan siap menjalankan amanah sebagai orang nomor satu di Pemkot Madiun. Ia akan melanjutkan program-program yang sudah disusun bersama Bambang.

"Program-program yang sudah ada, baik dan pro-rakyat, siap dilanjutkan. Kemudian apa yang menjadi arahan Gubernur Jatim juga siap kami laksanakan," kata Sugeng.     


(RRN)