Endapan Lumpur di Sidoarjo yang Bakal Disulap Jadi Pulau Wisata

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 20 Jul 2017 17:17 WIB
lumpur lapindo
Endapan Lumpur di Sidoarjo yang Bakal Disulap Jadi Pulau Wisata
Pintu masuk menuju endapan lumpur yang diusulkan menjadi pulau wisata yang dikelola KKP di Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berniat menyulap endapan lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur, sebagai tujuan wisata baru. Timbunan berbentuk pulau itu berlokasi di muara Sungai Porong.

Lokasi pulau di ujung selatan Kecamatan Jabon, tepatnya di Desa Telocor. Jaraknya kurang lebih 25 Km dari pusat semburan lumpur Lapindo. 

Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) Hengki Listria Adi menjelaskan endapan berasal dari semburan lumpur panas di Desa Renokenongo, Kecamatan Porong. Pada 29 Mei 2006, lumpur yang berlokasi di tempat pengeboran gas milik PT Lapindo Brantas Inc menyembur.

"Saat itu, suhu di permukaan pusat semburan berkisar 1.000 derajat Celcius," kata Hengky di Sidoarjo, Kamis 20 Juli 2017.

Lumpur terus menyembur hingga menutupi area di sekitar pusat pengeboran. Ribuan rumah terendam lumpur. Begitu pula nasib sawah dan tempat usaha milik warga setempat.

Pemerintah dan lembaga terkait pun berusaha mengatasi masalah itu. Petugas PPLS kemudian mengalirkan lumpur panas tersebut ke Sungai Porong.

Lalu lumpur menimbun di area selatan sungai. Semakin tahun, area timbunan bertambah luas hingga 94 hektare.

Di dalam lahan, dibangun tambak yang bertujuan memantau perilaku biota ikan dan pengaruh lumpur pada kehidupan ikan di muara. Dari pengamatan selama tiga tahun, ikan ternyata dapat hidup dan berkembang biak di tambak tersebut.



(RRN)